EDITORIAL : Produk Lokal Harus Bersaing di Harbolnas

Kalangan asosiasi platform dagang-el memperkirakan nilai transaksi pada Harbolnas 12.12 pada tahun ini bisa melampaui capaian 2020. Sementara itu, transaksi produk lokal diperkirakan bisa mendominasi belanja.

Redaksi

7 Des 2021 - 17.33
A-
A+
EDITORIAL : Produk Lokal Harus Bersaing di Harbolnas

Ilustrasi belanja online. - istimewa

Bagi kaum pedagang, negeri ini adalah serpihan surga yang jatuh ke bumi untuk urusan konsumsi. Barang apa saja yang dijual, pasti cuan (menguntungkan). Hasrat belanja masyarakat Indonesia sudah terkenal seantero jagat. Lebih-lebih pada masa pandemi merebak, lapak digital kian favorit.

Kebiasaan masyarakat mengejar diskon yang sebelum pandemi banyak digelar di mal, kini kian fokus terhidang di lapak online via gawai elektronik. Toko-toko digital pun tak kalah gahar menebar diskon besar.

Data dan proyeksi Bank Indonesia (BI) menyebutkan transaksi dagang-el Indonesia pada 2021 diproyeksikan menembus Rp354,30 triliun, naik lebih kurang 33% dibandingkan dengan nilai pada 2020 yang mencapai Rp266,20 triliun.

BI sempat memperkirakan total kenaikan sepanjang 2021 bisa menembus 48,40%, mengingat realisasi nilai transaksi pada semester I/2021 sudah mencapai Rp186,70 triliun, atau melonjak 63,36% secara tahunan (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.