EDITORIAL : Window Dressing Belum Menggejala

Memasuki akhir tahun, kinerja indeks harga saham gabungan atau IHSG tak kunjung bertenaga.

Redaksi

28 Nov 2022 - 08.36
A-
A+
EDITORIAL : Window Dressing Belum Menggejala

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Memasuki akhir tahun, kinerja indeks harga saham gabungan atau IHSG tak kunjung bertenaga. Padahal, sebagian pelaku pasar tengah menantikan momentum window dressing untuk mengeruk potensi keuntungan.

Indeks komposit bergerak volatil selama perdagangan periode November. Sepanjang bulan berjalan, IHSG terkoreksi tipis sebanyak 0,64%. Dalam perdagangan terakhir, Jumat (25/11), indeks ditutup di level 7.053,15.

Kendati begitu, performa IHSG tahun ini sesungguhnya enggak jelek-jelek amat. Indeks masih bisa tumbuh sebesar 7,17% selama tahun berjalan 2022. Investor asing pun tercatat masih membukukan beli bersih senilai Rp79,48 triliun.

Hanya saja, sentimen negatif dari situasi global belakangan membuat gairah pelaku pasar menurun dan cenderung berhati-hati. Ini terlihat dari nilai rata-rata transaksi harian di Bursa Efek Indonesia yang terus merosot dalam beberapa waktu terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.