Efek BI Rate, Beban Bunga Kian Tambun

Kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI) terpaksa dilakukan untuk merespons pelemahan rupiah di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) serta eks­pektasi higher for longer yang lebih lama.

Tegar Arief Fadly

25 Apr 2024 - 10.56
A-
A+
Efek BI Rate, Beban Bunga Kian Tambun

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo./Bisnis-FNY

Bisnis, JAKARTA — Aksi bank sentral yang mengatrol suku bunga acuan dari 6% menjadi 6,25% membuka lubang fiskal yang perlu segera ditutup dengan rapat. Celah yang dimaksud adalah belanja bunga utang yang makin tambun lantaran terimpak pengetatan moneter dan pelemahan rupiah secara bersamaan.

Memang, kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI) terpaksa dilakukan untuk merespons pelemahan rupiah di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) serta eks­pektasi higher for longer yang lebih lama.

Akan tetapi, keputusan ini juga melahirkan risiko tambahan dari sisi fiskal. Sejalan dengan suku bunga yang lebih tinggi, maka akan berdampak pada perkembangan pembayaran bunga utang oleh pemerintah.

Terlebih, pada saat bersamaan rupiah juga masih terseok bahkan menyentuh level tertinggi baru setidaknya sejak 2020 silam, yakni di area Rp16.000 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.