Efek dari China Untuk Permintaan & Harga Batu Bara

Permintaan dan pergerakan harga batu bara masih berpeluang terbentur sentimen negatif dari kebijakan Zero Covid-19 yang dilakukan China. Ancaman lainnya adalah ‘suntik mati’ tambang batu bara dalam beberapa tahun mendatang.

Asteria Desi Kartikasari

29 Nov 2022 - 21.04
A-
A+
Efek dari China Untuk Permintaan & Harga Batu Bara

Alat berat memindahkan batu bara ke dump truck di tambang batubara yang dioperasikan oleh PT Khotai Makmur Insan Abadi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Permintaan dan pergerakan harga batu bara masih berpeluang terbentur sentimen negatif dari kebijakan Zero Covid-19 yang dilakukan China. Ancaman lainnya adalah ‘suntik mati’ tambang batu bara dalam beberapa tahun mendatang. 

Seperti diketahui, China menjadi salah satu negara konsumen batu bara terbesar di dunia. Sementara itu kebijakan Zero Covid tampaknya juga belum akan dilonggarkan oleh Pemerintah China dalam waktu dekat. Sebab, kasus penyebaran Covid-19 di negara tersebut kembali mencatatkan kenaikan. 

Sementara itu, pola konsumsi dan penggunaan batu bara akan sangat bergantung pada permintaan listrik untuk sektor industri. Dalam situasi ini, permintaan listrik industri berpeluang menurun, jika kebijakan pengendalian penularan Covid-19 super ketat dilanjutkan, sehingga membatasi aktivitas pabrik-pabrik negara tersebut.

“Seringnya wabah Covid-19 berulang, dan tidak ada perubahan signifikan dalam kebijakan untuk mengendalikannya [Zero Covid], akan mempersulit permintaan [komoditas] untuk meningkat. Ini akan membebani pergerakan harga komoditas dalam beberapa bulan mendatang,” kata Wang Xiaoyang, analis senior Sinolink Futures, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (29/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Efek dari China Untuk Permintaan & Harga Batu Bara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.