Efek Domino Kolapsnya SVB Bagi Ekonomi Dunia

Runtuhnya bank untuk nasabah perusahaan rintisan Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat ini telah menciptakan efek domino mulai dari kalangan pengusaha kecil sampai investor di China.

Nindya Aldila

14 Mar 2023 - 11.59
A-
A+
Efek Domino Kolapsnya SVB Bagi Ekonomi Dunia

Seorang pekerja (tengah) memberi tahu orang-orang bahwa kantor pusat Silicon Valley Bank ditutup pada hari Jumat (10/3/2023) di Santa Clara, California. SVB ditutup pagi itu oleh regulator California dan berada di bawah kendali Federal Deposit Insurance Corporation AS. Dok Fortune

Bisnis, JAKARTA - Runtuhnya bank untuk nasabah perusahaan rintisan Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat ini telah menciptakan efek domino mulai dari kalangan pengusaha kecil sampai investor di China.

SVB merupakan salah satu korban dari kebijakan ketat Federal Reserve (The Fed) yang menaikkan suku bunga acuannya sejak tahun lalu. Ketika suku bunga mendekati nol, SVB memuat obligasi atau surat utang jangka panjang yang memiliki risiko rendah.

Saat The Fed menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi, nilai aset tersebut jatuh sehingga membuat bank rugi.

Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi mengatakan bahwa SVB gagal sebagian besar karena industri teknologi terikat dengan kenaikan suku bunga dan perubahan preferensi konsumen, sebagaimana dikutip dari CBS News pada Senin (13/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Efek Domino Kolapsnya SVB Bagi Ekonomi Dunia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.