Efek Ganda Demam NFT Bagi Indonesia

NFT masih didominasi oleh benda seni dan kolektibel yang dapat membuka peluang bagi para pelaku insan kreati.

Tim Redaksi

22 Jan 2022 - 08.48
A-
A+
Efek Ganda Demam NFT Bagi Indonesia

Infografis, momentum euforia NFT. - BISNIS

Bisnis, JAKARTA – Kemunculan non-fungible token (NFT) kian mematik gairah investasi aset kripto. Selain itu, hadirnya NFT juga membuka peluang baru bagi pemerintah dan industri kreatif di Indonesia. 

Menurut Pakar budaya dan komunikasi digital Universitas Indonesia, Firman Kurniawan, NFT merupakan produk dalam bentuk teks, gambar, suara, atau gabungan ketiganya yang dimasukkan dalam ruang virtual. Sejauh ini, produk NFT masih didominasi oleh benda seni dan kolektibel. 

Dengan begitu, para pelaku insan kreatif Indonesia pun mendapatkan peluang baru untuk menjual karya seninya sebagai produk NFT. Itu berarti, NFT sebagai aset digital dapat dapat menciptakan nilai ekonomi riil. 

Meski begitu, dia mewanti-wanti adanya ancaman bagi para produsen dan konsumen karena harga NFT terbentuk dari pertukaran nilai di antara komunitas. Saat muncul sentimen negatif yang melingkupi produsen dan karyanya, bisa terjadi cancel culture sehingga nilainya turun drastis. Hal itu akan merugikan pembuat karya serta konsumen yang memiliki NFT tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.