Efek Restu Rights Issue pada Prospek Saham EXCL 2022

Rights issue PT XL Axiata Tbk. bakal menjadikan struktur neraca keuangannya membaik. Namun, langkah ini dinilai tidak serta merta menyelesaikan persoalan keuangan perseroan. EXCL masih harus mengeksekusi sejumlah langkah lanjutan untuk memastikan stabilitas keuangannya.

Emanuel Berkah Caesario

11 Agt 2022 - 15.52
A-
A+
Efek Restu Rights Issue pada Prospek Saham EXCL 2022

Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Pemegang saham emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. merestui rencana perseroan untuk melakukan penambahan modal melalui emisi saham baru melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) III. Bagaimana dampak aksi ini pada prospek saham emiten berkode EXCL ini?

EXCL berencana untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 2,75 miliar saham baru dengan memberikan hak untuk memesan efek terlebih dahulu (HMETD) kepada pemegang saham existing atau rights issue. Nilai nominal per saham yakni Rp100, sedangkan harga pelaksanaannya belum ditentukan.

Perseroan juga bakal menyiapkan investor strategis yang bakal menyerap hak yang tidak terserap dalam aksi ini, tetapi identitas pembeli siaga tersebut belum diungkapkan. Jika pemegang saham existing tidak menebus haknya, maka porsi kepemilikannya dapat terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 20,49 persen.

Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika, mengatakan bahwa EXCL berencana untuk menggunakan seluruh dana bersih yang diperoleh dari PUT III, setelah dikurangi biaya-biaya emisi saham, untuk membayar utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Efek Restu Rights Issue pada Prospek Saham EXCL 2022

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.