Ekonomi Diadang Inflasi, Ketahanan Alfamart dan Indomaret Diuji

Kenaikan inflasi bakal mengganggu kinerja emiten ritel, terutama karena hal tersebut bakal berdampak pada penurunan daya beli. Namun, ekspansi gerai yang dilakukan oleh Alfamart dan Indomaret tahun ini diyakini bakal berlanjut dan menopang keduanya menghadapi tekanan tersebut.

Emanuel Berkah Caesario

11 Jul 2022 - 15.21
A-
A+
Ekonomi Diadang Inflasi, Ketahanan Alfamart dan Indomaret Diuji

Suasana di salah satu gerai Indomaret

Bisnis, JAKARTA — Bisnis emiten peritel serba ada, yakni Alfamart dan Indomaret bakal turut terdampak oleh kondisi pelemahan daya beli yang kini menghantui perekonomian Indonesia, terutama jika laju inflasi terus meningkat mengikuti kondisi global bersama dengan melemahnya nilai tukar rupiah.

Meski begitu, kedua emiten yang menjadi induk kedua perusahaan ini dinilai masih kuat dan masih bakal terus melanjutkan agenda ekspansi tahun ini. Kinerjanya keduanya pun terbukti sangat kuat pada kuartal pertama tahun ini, sehingga bakal mampu mengimbangi tekanan yang mungkin terjadi di sisa tahun ini.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. yang merupakan induk dari Alfamart tahun ini masih optimistis target penambahan gerai baru hingga 1.000 unit bakal tetap tercapai.  Target ini memang sedikit di bawah realisasi tahun lalu yang mencapai 1.275 unit, tetapi mengingat kondisi ekonomi saat ini, target itu masih realistis untuk dicapai.

Ekspansi gerai selalu menjadi salah satu indikator pertumbuhan bagi emiten ritel seperti Alfamart dan Indomaret, sebab kehadiran gerai baru membuka ruang pertumbuhan bagi volume penjualan. Pada akhirnya, hal ini bakal bermanfaat pada peningkatan pendapatan dan laba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Diadang Inflasi, Ketahanan Alfamart dan Indomaret Diuji

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.