Ekonomi Filipina Tumbuh 7,2 Persen, Banana Republic Unjuk Gigi

Berpotensi mengejar pertumbuhan Indonesia, Filipina mencatatkan pertumbuhan PDB tertinggi di Asia Tenggara pada kuartal IV/2022. Otoritas Statistik Filipina melaporkan produk domestik bruto (PDB) negeri itu tumbuh 7,2 persen pada kuartal IV/2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Saeno

27 Jan 2023 - 16.48
A-
A+
Ekonomi Filipina Tumbuh 7,2 Persen, Banana Republic Unjuk Gigi

Presiden Filipina Ferdinand "Bongbong" Romualdez Marcos Jr. saat mengunjungi Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis, JAKARTA – Filipina yang secara politik pernah menyandang gelar sebagai republik pisang atau banana republic kini mulai unjuk gigi. Berpotensi mengejar pertumbuhan Indonesia, Filipina mencatatkan pertumbuhan PDB tertinggi di Asia Tenggara pada kuartal IV/2022. Otoritas Statistik Filipina melaporkan produk domestik bruto (PDB) negeri itu tumbuh 7,2 persen pada kuartal IV/2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Istilah republik pisang dalam ilmu politik disandang oleh negara-negara yang politiknya tidak stabil dan ekonominya sangat bergantung pada ekspor sumber daya terbatas, misalnya pisang. Negara seperti ini biasanya memiliki kelas sosial bertingkat yang meliputi kelas pekerja miskin yang merupakan mayoritas dan plutokrasi elite bisnis, politik, dan militer yang berkuasa. 

Menurut Wikipedia, oligarki politik-ekonomi di negara yang menyandang sebutan sebagai negeri pisang mengendalikan produksi primer agar bisa mengeksploitasi ekonomi negara tersebut.

Negara-negara] yang merdeka dari negara kolonial pada abad ke-20 dan 21 dinilai cenderung memiliki ciri khas republik pisang karena politiknya dipengaruhi perusahaan swasta besar. Dalam hal ini, Filipina dan Maladewa adalah contohnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Filipina Tumbuh 7,2 Persen, Banana Republic Unjuk Gigi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.