Ekonomi Global Merayap Hingga 2030, Masa Suram Masih Panjang

Kecepatan pertumbuhan ekonomi global diprediksi turun ke posisi terendah dalam tiga dasawarsa terakhir. Dalam laporannya, Bank Dunia memproyeksikan antara tahun 2022 dan 2030 rata-rata potensi pertumbuhan PDB global hanya mencapai 2,2 persen per tahun.

Saeno

28 Mar 2023 - 15.44
A-
A+
Ekonomi Global Merayap Hingga 2030, Masa Suram Masih Panjang

Kantor pusat Bank Dunia di Washington/worldbank.org

Bisnis, JAKARTA – Masa suram perekonomian global diprediksi akan berlangsung dalam waktu yang panjang. Bank Dunia memprediksi kecepatan pertumbuhan ekonomi global turun ke posisi terendah dalam tiga dasawarsa terakhir. Dalam laporannya, Bank Dunia memproyeksikan antara tahun 2022 dan 2030 rata-rata potensi pertumbuhan PDB global hanya mencapai 2,2 persen per tahun. Angka tersebut mencerminkan penurunan sekitar sepertiga dari capaian pada dekade pertama abad ini.

Penurunan proyeksi Bank Dunia yang muram disandarkan pada kemungkinan risiko ekonomi seperti tenaga kerja global yang menua dan investasi sektor swasta yang menurun.  

Laporan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan investasi di emerging market dan  negara ekonomi berkembang (EMDEs) akan mengalami peningkatan. Namun, angkanya di bawah tingkat rata-rata selama dua dekade terakhir hingga jangka menengah. 

Prospek yang lemah tersebut sejalan dengan pertumbuhan investasi yang tersebar luas secara geografis selama satu decade pelambatan sebelum pandemi Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Global Merayap Hingga 2030, Masa Suram Masih Panjang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.