Ekonomi Hijau, Sandaran Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Isu pembangunan berwawasan lingkungan, yang merupakan kisah lama, kini menjadi populer kembali secara global. Seiring dengan itu, green bond, instrumen yang sudah tidak asing lagi di pasar global, pun mendapat perhatian kembali.

Saeno
Feb 11, 2022 - 10:33 AM
A-
A+
Ekonomi Hijau, Sandaran Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ilustrasi - Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan./Bisnis-David E. Issetiabudi


Bisnis, JAKARTA – Selain investasi tradisional yang selama ini menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia, ke depan investasi hijau menjadi sandaran baru. Isu pembangunan berwawasan lingkungan, yang merupakan kisah lama, kini menjadi populer kembali secara global. Seiring dengan itu, green bond,  instrumen yang sudah tidak asing lagi di pasar global, pun mendapat perhatian kembali.

Green bonds sudah ada sejak tahun 2007 ketika European Investment Bank menerbitkan green bonds atau climate awareness bond senilai EUR 1 miliar. Namun, baru dalam 5 tahun terakhir tren penerbitan green bonds mulai marak di berbagai negara maju.

Hal itu terjadi seiring dengan meningkatnya kesadaran investor global untuk mengalokasikan sebagian portofolionya dalam instrumen berwawasan lingkungan.

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Hijau, Sandaran Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ