Ekonomi Indonesia Pulih, Resesi Global Jadi Tantangan

IMF memprediksi perekonomian dunia hanya akan tumbuh 2,7 persen pada 2023. Pemulihan ekonomi yang dicapai Indonesia di 2022 akan menghadapi tantangan di periode suram 2023.

Saeno

4 Jan 2023 - 14.44
A-
A+
Ekonomi Indonesia Pulih, Resesi Global Jadi Tantangan

Menkeu Sri Mulyani saat berbicara pada kegiatan G20 Finance Minister and Central Bank Governors/Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Indonesia harus bersiap menghadapi kondisi ekonomi dunia yang diprediksi suram. IMF memprediksi perekonomian dunia hanya akan tumbuh 2,7 persen pada 2023. Pemulihan ekonomi yang dicapai Indonesia di 2022 akan menghadapi tantangan di periode suram 2023.

Perekonomian Indonesia konsisten mencatatkan pertumbuhan di atas 5 persen selama empat kuartal beruntun sejak kuartal keempat tahun 2021. 

Konsumsi rumah tangga menjadi penopang utama pemulihan ekonomi Indonesia. Sementara itu, kinerja investasi mulai mengalami penguatan selain kinerja ekspor yang terus mencatatkan pertumbuhan dua digit di tengah gejolak global. 

Dibandingkan dengan level prapandemi, level PDB Indonesia pada kuartal III/2022 telah meningkat sebesar 6,6 persen. Seluruh sektor pun mencatatkan peningkatan, melewati level prapandemi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.