Ekonomi Indonesia Tak Boleh Lengah di Sisa Tahun 2022

Pertumbuhan ekonomi cukup kebal dari ujian kenaikan harga BBM dan inflasi setelah produk domestik bruto (PDB) tumbuh 5,72 persen per kuartal III/2022. Strategi jitu untuk mempertahankan ekspansi pertumbuhan ekonomi di penghujung tahun harus dipersiapkan.

Nindya Aldila

7 Nov 2022 - 23.31
A-
A+
Ekonomi Indonesia Tak Boleh Lengah di Sisa Tahun 2022

Jajaran gedung perkantoran dan apartemen di Jakarta, Senin (7/11). Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA - Perekonomian Indonesia terbukti masih kokoh pada kuartal III/2022 setelah dihantam kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan inflasi. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,72 persen (year on year/yoy), Indonesia harus mempersiapkan strategi untuk mempertahankan denyut perekonomian pada 3 bulan terakhir tahun ini.  

Motor penggerak produk domestik bruto (PDB) seperti konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor masing-masing masih terjaga pertumbuhannya, meski ada kontraksi pada daya beli.

Ekonomi nasional tumbuh di atas ekspektasi ekonom. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, perekonomian pada kuartal III/2022 tumbuh sebesar 1,81 persen (month-to-month/mtm). Sementara secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi telah mencapai 5,4 persen.

“Terdapat indikasi bahwa pada kuartal III/2022 ini konsumsi rumah tangga mampu tumbuh 5,39 persen karena ada peningkatan aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas, khususnya untuk kebutuhan tersier. Ini indikasi yang baik,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono pada Senin (7/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.