Ekonomi Jerman Terkontraksi 0,2 Persen, Resesi Teknikal Mendekat

Kantor statistik federal Jerman melaporkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,2 persen pada kuartal IV/2022 dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq). Kondisi tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa Jerman jatuh ke jurang resesi.

Saeno

30 Jan 2023 - 21.31
A-
A+
Ekonomi Jerman Terkontraksi 0,2 Persen, Resesi Teknikal Mendekat

Kanselir Jerman Olaf Scholz/Pemerintah Federal-Steins

Bisnis, JAKARTA – Jerman harus bersiap menghadapi periode resesi teknikal setelah pertumbuhan negeri itu terkontraksi pada kuartal IV/2022. Kondisi tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar di Eropa ini jatuh ke jurang resesi. Kantor statistik federal Jerman melaporkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,2 persen pada kuartal IV/2022 dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq). 

Sementara itu, seperti dikutip Bisnis.com dari Reuters, Senin (30/1/2023), jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), PDB Jerman naik 0,5 persen. 

Pada kuartal sebelumnya, ekonomi Jerman tumbuh sedikit dengan revisi naik 0,5 persen (qtq) dan 1,3 persen yoy. 

Penurunan pada kuartal keempat ini meningkatkan kemungkinan terjadinya resesi teknikal di Jerman, yang biasanya didefinisikan sebagai kontraksi yang terjadi dalam dua kuartal berturut-turut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Jerman Terkontraksi 0,2 Persen, Resesi Teknikal Mendekat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.