Ekonomi 'Menari' di Pesta Demokrasi

Pemerintah berupaya menyelesaikan pembangunan fondasi menuju cita-cita menjadi high income country atau negara maju. Selain itu, komitmen untuk terus membangun nilai tambah sektor industri atau manufaktur, memperbaiki iklim investasi melalui regulasi dan kebijakan yang lebih sederhana.

Annasa Rizki Kamalina & Akbar Evandio

27 Nov 2023 - 07.51
A-
A+
Ekonomi 'Menari' di Pesta Demokrasi

Pengendara motor melintas di dekat alat peraga kampanye (APK) di Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (10/9/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Dua hajatan politik bakal dirayakan oleh masyarakat pada 2024. Paling dekat tentu saja Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan pemilihan kepala daerah pada kuartal III/2024.

Jelang mengakhiri sambutan dalam ajang Bisnis Indonesia Business Challenges (BIBC) 2024, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi. Mekanisme pemilihan umum (pemilu) yang telah diatur, sepatutnya tidak menganggu agenda pembangunan nasional.

“Indonesia adalah negara demokrasi, di mana mekanisme pemilihan umum itu tidak boleh menggangu agenda pembangunan. Jadi meskipun disebut tahun politik, tapi kita banyak pekerjaan yang sifatnya fondasi yang perlu diperkuat, sementara APBN [anggaran pendapatan dan belanja negara] akan terus menjadi tools atau instrumen yang menjaga ekonomi dan masyarakat kita,” ujar Sri Mulyani, Kamis (23/11/2023).

Menkeu menyatakan Indonesia memiliki berbagai tugas besar dan menantang pada tahun-tahun mendatang untuk menggapai sasaran sebagai negara maju. Penataan secara fundamental melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, dan lain menjadi syarat penting untuk meningkatkan skala ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.