Ekonomi RI Perkasa di Tengah Prospek Pelemahan Dunia

Kinerja perdagangan Indonesia masih perkasa di tengah bayang-bayang berlanjutnya pelemahan ekonomi dunia pada tahun ini. Komoditas unggulan tetap menjadi penopang perdagangan RI.

Maria Elena

22 Apr 2024 - 13.21
A-
A+
Ekonomi RI Perkasa di Tengah Prospek Pelemahan Dunia

Foto udara kondisi tempat penyimpanan petikemas di pelabuhan IPC Terminal Petikemas ( IPC TPK ), Tanjung Priok, Jumat (20102023). BisnisAdam Rumansyah

Bisnis, JAKARTA - Kinerja perdagangan Indonesia masih perkasa di tengah bayang-bayang berlanjutnya pelemahan ekonomi dunia pada tahun ini. Komoditas unggulan tetap menjadi penopang perdagangan RI. 

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2024 kembali mencetak surplus US$4,47 miliar. Sedangkan secara kumulatif, neraca perdagangan sejak Januari-Maret 2024 mencapai US$7,31 miliar dolar. 

Meski menorehkan surplus, capaian anyar ini mengalami penurunan US$4,80 miliar bila dibandingkan dengan periode sama Januari - Maret 2023 (yoy). Pun begitu, surplus neraca pada bulan lalu lebih baik dibandingkan dengan Maret 2023.

"Neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus 47 bulan berturut" sejak Mei 2020," kata Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar dalam konferensi pers, Senin (22/4/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.