Ekonomi Tak Menentu, Emiten Berhemat Anggaran Belanja Modal

Tingginya risiko yang membayangi pasar menjadikan sejumlah emiten berhati-hati dalam merealisasikan belanja modalnya tahun ini. Kenyataannya, momentum pemulihan ekonomi pascapandemi relatif sempit untuk dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh emiten.

Emanuel Berkah Caesario

29 Agt 2022 - 17.16
A-
A+
Ekonomi Tak Menentu, Emiten Berhemat Anggaran Belanja Modal

Ilustrasi belanja modal atau capex. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Inflasi, kenaikan suku bunga acuan, hingga peningkatan yield pasar surat utang bakal menjadikan upaya emiten dalam berekspansi pada sisa tahun ini penuh tantangan. Di tengah kondisi itu, agresivitas emiten dalam menggelontorkan belanja modalnya kemungkinan akan menyusut.

Pada paruh pertama tahun ini hingga awal paruh kedua ini, sejumlah emiten tampaknya sudah cukup agresif dalam membelanjakan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) mereka. Langkah ini tentu saja beralasan, sebab Indonesia sejatinya ada di jalur pemulihan pascapandemi.

Kendati pandemi memang belum benar-benar berakhir, dampaknya sudah jauh berkurang. Kekebalan komunal sudah terbentuk, seiring dengan upaya vaksinasi yang masif. Di sisi lain, pembatasan mobilitas pun tak lagi seketat sebelumnya.

Bersamaan dengan itu, ekonomi global pun serempak bangkit, sehingga tingkat permintaan mendadak meningkat. Hal ini menguntungkan Indonesia yang merupakan salah satu negara pemasok komoditas utama dunia, khususnya sawit dan batu bara. Multiplier effect hal ini besar terhadap ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekonomi Tak Menentu, Emiten Berhemat Anggaran Belanja Modal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.