Ekonomi Tumbuh di Bawah Payung Nikel dan Surplus Perdagangan

Kondisi perekonomian Indonesia diapresiasi dari sejumlah lembaga pemeringkat internasional. Hal itu dinilai sebagai pengakuan terhadap kondisi ekonomi Indonesia yang relatif tahan banting di tengah badai ekonomi global. Ekspor nikel dan surplus perdagangan dianggap sebagai payung di tengah hujan.

Saeno

12 Agt 2022 - 17.51
A-
A+
Ekonomi Tumbuh di Bawah Payung Nikel dan Surplus Perdagangan

Bisnis, JAKARTA – Selama 2022, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN mencatatkan surplus hingga 7 bulan berturut-turut. Di sisi lain, kondisi perekonomian Indonesia mendapat apresiasi dari sejumlah lembaga pemeringkat internasional. Hal itu dinilai sebagai pengakuan terhadap kondisi ekonomi Indonesia yang relatif tahan banting di tengah badai ekonomi global. Ekspor nikel dan surplus perdagangan dianggap sebagai payung di tengah hujan.  

Saat ini perekonomian Indonesia dipersepsikan berada dalam posisi yang cukup kuat dalam menghadapi tantangan global. Ancaman stagflasi membuat aktivitas ekonomi global diperkirakan akan mengalami perlambatan. Sementara itu, harga komoditas yang melonjak tinggi menyebabkan terkereknya inflasi di banyak negara. 

Beruntungnya, ekonomi Indonesia sejauh ini relatif dapat menyerap dampak negatif dari gejolak global dengan baik. Hal itu tercermin dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal II/2022 tercatat tumbuh lebih tinggi, sebesar 5,44 persen secara tahunan. 

Salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat yaitu ekspor komoditas. Harga komoditas unggulan Indonesia turut mengalami kenaikan yang tinggi di pasar global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.