Ekosistem EV, Industri Baterai Makin Berpacu

Pembangunan industri masa depan ini dilakukan oleh konsorsium LG dengan nilai investasi hingga Rp142 triliun atau sekira US$9,8 miliar. Pembangunan industri tersebut juga diproyeksikan mampu menyerap 20.000 tenaga kerja.

Rayful Mudassir

9 Jun 2022 - 08.45
A-
A+
Ekosistem EV, Industri Baterai Makin Berpacu

Dok: PLN

Bisnis, JAKARTA - Upaya pengembangan ekosistem kendaraan listrik dalam negeri kian menunjukkan tajinya. Presiden Joko Widodo meresmikan langsung proyek industri baterai listrik terintegrasi di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, Rabu (6/8/2022). 

Proyek ini disebut-sebut pertama kalinya dibangun di sebuah negara. Sebab, target pembangunan industri baterai ini dilakukan dari hulu ke hilir. Artinya, investasi yang dilakukan oleh LG Energy Solution itu turut mendanai proyek penambangan nikel, smelter, prekursor, katoda, baterai listrik hingga mobil listrik. 

"Masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu ke hilir, end to end semua dikerjakan dalam investasi ini," kata Jokowi.

BACA JUGA: Kala Payung Hukum Energi Bersih Tak Kunjung Terkembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekosistem EV, Industri Baterai Makin Berpacu

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.