Ekosistem Industri Didesak Bikin Harga Set Top Box Terjangkau

Menkominfo Johnny G. Plate meminta ekosistem industri untuk memproduksi set top box (STB) TV digital dengan harga yang terjangkau.

Jaffry Prabu Prakoso

11 Jan 2023 - 15.11
A-
A+
Ekosistem Industri Didesak Bikin Harga Set Top Box Terjangkau

Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. /Kompub ASO-Wienda Parwitasari

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong ekosistem industri untuk menyediakan set top box (STB) TV digital dengan harga terjangkau.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa saat ini telah melakukan pemadaman siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) yang sudah berlangsung di 265 wilayah dari 514 wilayah.

Ke depannya, Kemenkominfo akan melanjutkan migrasi siaran televisi analog ke digital untuk 249 wilayah lain.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

“Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau,” ujar Johnny dalam keterangan resmi, Rabu (11/1/2022).

Dia mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat untuk mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital.

Johnny menjelaskan bahwa dari sisi supply side, hal tersebut berdampak pada harga STB di masyarakat. Oleh karena itu, perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau.

Baca juga: Daftar Taipan Pemilik TV Analog yang Diminta Padamkan Siaran

Saat ini, lanjutnya, sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang membeli STB secara mandiri. Namun, ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, terdapat sebanyak 6.737.971 rumah tangga miskin yang tinggal di wilayah terdampak migrasi siaran TV analog ke digital (ASO). Data itu, berisikan detail informasi penerima bantuan, seperti nama, NIK, KK, hingga alamat lengkap.

Pengadaan dan pendistribusian STB gratis TV digital untuk rumah tangga miskin ini, dilakukan secara bertahap oleh pemerintah dan penyelenggara multipleksing (operator siaran TV digital) sesuai dengan tahapan pelaksanaan ASO dengan pemerincian 1 juta unit dari pemerintah dan 4.177.760 dari penyelenggara multipleksing.

Baca juga: Cara Mudah Mengecek TV Analog atau Digital

Percepat Distribusi

Sebelumnya, Johnny meminta agar penyelenggara multipleksing (mux) mengebut distribusi STB.

Pasalnya, hingga akhir tahun lalu realisasi pendistribusian STB masih kurang dari 6 persen atau baru 241.219 unit dari kewajiban 4.330.760 unit.

Warga tengah menonton TV digital. /Istimewa 

"Untuk itu kami mendorong agar penyelenggara mux yang baru melaksanakan distribusi STB kurang dari 6 persen lebih agresif," katanya, Selasa (20/12/2022). (Khadijah Shahnaz Fitra dan Rahmi Yati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.