Free

Ekspansi Ciputra Bangun Universitas di Jakarta

Universitas Ciputra Jakarta akan mengusung pendidikan berbasis artificial intelligence (AI) dan menjadi kampus pertama cetak entrepreneur mahir dalam kecerdasan buatan.

Yanita Petriella

23 Mei 2024 - 11.05
A-
A+
Ekspansi Ciputra Bangun Universitas di Jakarta

Ciputra Group membangun kampus ketiga Universitas Ciputra di Jakarta. Bisnis/Yanita Petriella

Bisnis, JAKARTA – Ciputra Group melebarkan sayap ekspansi membangun kampus ketiga Universitas Ciputra di Jakarta tepatnya di kawasan superblock Ciputra International. Sebelumnya, Ciputra Group membuka perguruan tinggi pertama di Surabaya Jawa Timur. Lalu membuka kampus keduanya di Makassar.

Managing Director Ciputra Group Harun Hajadi mengatakan dibangunnya kampus ketiga Universitas Ciputra Jakarta ini akan memberikan nilai tambah bagi kawasan Ciputra International. Selain itu, pembangunan kampus ketiga ini sejalan dengan mimpi bengawan properti Ciputra untuk melahirkan 4 juta entrepreuner baru di Indonesia.

“Saat ini kami masih berfokus untuk membangun dan menyelesaikan kampus ketiga Universitas Ciputra di Jakarta,” ujarnya kepada Bisnis saat ditemui disela groundbreaking Universitas Ciputra Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Direktur Ciputra Pendidikan Denny Bernardus menuturkan kampus Universitas Ciputra di Jakarta dibangun seluas 40.000 meter persegi di atas lahan seluas 10.000 meter persegi.

Pada tahap pertama, pembangunan akan berfokus pada 1 tower Universitas Ciputra dengan luas bangunan 38.000 meter persegi yang ditargetkan akan selesai pada Mei tahun 2026 dan beroperasi di September 2026. Adapun nilai investasi pembangunan tahap pertama Universitas Ciputra mencapai Rp400 miliar.

Baca juga: Danareksa Gandeng Citic Envirotech Garap Infrastruktur Air Rp3,75 Triliun

“Ini untuk 1 tower saja, akan ada tower berikutnya dan juga ada rencana pengembangan fasilitas basket dan student loan tambahannya. Untuk tower berikutnya, kami akan melihat demandnya, kalau demand besar, tentu akan kami bangun tower kedua. Ini nanti di September 2026 sudah bisa beroperasi dan mulai aktivitas perkulihanan,” katanya.

Nantinya, diharapkan Universitas Ciputra Jakarta dapat menampung sebanyak 10.000 mahasiswa. Adapun hingga saat ini, Universitas Ciputra Surabaya dan Makassar telah melahirkan 9.300 alumni dan terdapat 7.000 mahasiswa yang tengah mengenyam pendidikan.

Pihaknya optimistis kampus baru Ciputra di Jakarta ini dapat bersaing dengan universitas lainnya. Terlebih, terdapat sebanyak 289 perguruan tinggi di Jakarta.



Salah satu strateginya yakni Ciputra telah bekerja sama dengan dengan 150 partner domestik dan lebih dari 50 parnet internasional seperti Apple Developmer Academy, Metrodata Academy, University Sains Malaysia, Macquarie University Australia, dan Curtin University.

“Kami ada kolaborasi dengan expert in menunjukkan diferensi kami dengan kampus lain. Kami punya 5 jalur sukses pembelajaran, pendidikan entrepreneurship memperhatikan passion dari mahasiswa ada yang mau jadi startup, meneruskan family bisnis, digital nomad, studi lanjut, dan jadi seorang professional juga kami fasilitasi,” ucapnya.

Universitas Ciputra Jakarta akan mengusung pendidikan berbasis artificial intelligence (AI) dan menjadi kampus pertama cetak entrepreneur mahir dalam kecerdasan buatan.

Pasalnya, di era AI saat ini, mahasiswa sudah bermetamorfosis sehingga tidak hanya sebagia peserta didik yang mendapat informasi dari dosen, tetapi juga pembelajar aktif.

Pihaknya akan mengakomodir dengan model project based yang banyak integrasi dengan industri dan juga integrasi artificial intelligence di kurikulum sehingga output-nya diharapkan menjadi power user artificial intelligence apapun bidang mereka.


Kawasan Ciputra International. Dok. Perseroan

“Kami mempersiapkan program Global Classroom. Nantinya mahasiswa bisa memilih untuk belajar dari praktisi praktisi dunia. Salah satu program studi yang banyak peminatnya di Surabaya dan Makassar yakni kedokteran dan international business management,” terangnya.

Dia berharap melalui Universitas Ciputra ini, dapat melahirkan banyak entrepreneur di Indonesia sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sesuai dengan mimpi pak Ciputra yang ingin banyak entrepreneur di Indonesia,” ujar Denny.

Baca juga: Seribu Jurus Pemerintah Bangun Infrastruktur Air Bersih

Campus Director Winarto Poernomo menambahkan sistem pembelajaran kampus mengintegrasikan pengetahuan dan praktik. Hal itu mencakup program project based dan project based internship.

“Misalkan di salah satu jalur sukses yang diusung adalah jalur sukses startup business, maka sudah dari awal kuliah arahnya jelas bahwa dia akan banyak melakukan kegiatan-kegiatan, termasuk juga diajak membuka prototipe bisnisnya secara ekonomis dan hemat,” katanya.

Sementara itu, General Manager Ciputra Group Andreas Raditya menuturkan dengan dibangunnya kampus ketiga Universitas Ciputra di Jakarta akan memberikan nilai tambah kawasan Ciputra International.

Pihaknya meyakini adanya kampus tersebut akan mengerek penjualan apartemen dan juga okupansi perkantoran di superblock tersebut. Adapun di lahan seluas 7,5 hektare, Ciputra International telah mengembangkan sebesar 50% lahan untuk 2 tower perkantoran dan 2 tower berupa apartemen.

“Untuk apartemen masih ada sisa 100 unit, di mana 50 unitnya kami ada program Universitas Ciputra Living, sedangkan sisanya 50% diyakini akan segera terserap seiring penyelesaian pembangunan kampus ketiga itu,” ucap Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.