Ekspansi HM Sampoerna (HMSP) melalui Ekspor Rokok Tanpa Asap

PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) telah merealisasikan investasi sebesar US$186 juta atau sekitar Rp2,79 triliun untuk pengembangan pabrik rokok bebas asap.

Jaffry Prabu Prakoso

17 Jan 2023 - 13.35
A-
A+
Ekspansi HM Sampoerna (HMSP) melalui Ekspor Rokok Tanpa Asap

Salah satu pabrik PT HM Samporena Tbk. /www.sampoerna.com

Bisnis, JAKARTA — Emiten rokok afiliasi Philip Morris International (PMI), PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) telah merealisasikan investasi sebesar US$186 juta atau sekitar Rp2,79 triliun (kurs Jisdor BI 16 Januari Rp15.019) untuk penyelesaian pabrik produk tembakau tanpa asap IQOS dengan merek HEET.

Pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut telah beroperasi sejak kuartal IV/2022 dan memproduksi khusus untuk pasar ekspor maupun domestik. Pekan lalu, HMSP melakukan ekspor perdana produk HEETS dengan destinasi pasar Asia Pasifik.

Presiden Direktur HM Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengharapkan investasi pabrik ini bisa menjadi bukti kepastian iklim investasi di Indonesia.


Salah satu model rokok tanpa asap. /www.sampoerna.com


“Saya berharap, investasi kami turut memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi investasi dari dalam dan luar negeri,” kata Vassilis.

Dia mengatakan bahwa produk tembakau tanpa asap dikembangkan berdasarkan penelitian ilmiah dengan pendekatan pengurangan bahaya. Vassilis mengatakan bahwa Philip Morris International telah mengembangkan ragam produk tembakau inovatif bebas asap tanpa proses pembakaran sebagai upaya memperkenalkan alternatif bagi perokok dewasa.

Dalam 10 tahun terakhir, Philip Morris International telah berinvestasi lebih dari US$9 miliar secara global atau sekitar Rp135,17 triliun untuk mengembangkan dan memperkenalkan produk tembakau tanpa rokok.

Baca juga: Larangan Penjualan Rokok Eceran Dinilai Tak Perlu

Salah satu produk tersebut adalah perangkat pemanas tembakau bernama IQOS. IQOS bekerja dengan memanaskan batang tembakau yang menggunakan tembakau asli tanpa pembakaran, sehingga mengurangi paparan zat berbahaya atau berpotensi berbahaya hingga rata-rata 90–95 persen lebih rendah dibandingkan dengan asap rokok.

“IQOS menggunakan perangkat elektronik untuk memanaskan tembakau, dan bukan membakarnya. Proses pemanasan berlangsung maksimal 350 derajat Celcius. Oleh karena itu, tidak ada api, abu, maupun asap,” tambah Vassilis.

Saat ini, produk bebas asap Philip Morris sudah tersedia di 70 pasar di seluruh dunia. Vassilis menjelaskan bahwa IQOS telah diperkenalkan di Indonesia melalui skema uji pasar terbatas sejak 2019 dan tersedia di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Medan, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Balikpapan, dan Samarinda.

Baca juga: "Euthanasia" Industri Rokok, Kenaikan Cukai Berlaku Januari 2023

Dapat Dukungan Pemerintah

Dalam peresmian fasilitas produksi dan pelepasan ekspor perdana HMSP, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pengembangan industri pengolahan tembakau yang inovatif terus didorong pemerintah sekaligus diharapkan dapat meningkatkan investasi. 

Industri Pengolahan Tembakau juga memiliki multiplier effect yang luas dan menjadi salah satu sektor penyerap tenaga kerja yang cukup tinggi.


Pekerja memantau produksi rokok tanpa asap. /www.sampoerna.com


"Investasi yang dilakukan PT HM Sampoerna Tbk. ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam mendorong inovasi, serta penciptaan nilai ekonomi pada banyak sektor antara lain sektor UMKM, ritel tradisional, kemitraan dengan petani, dan pengembangan R&D," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (12/1/2023). 

Ekspor perdana produk tembakau inovatif bebas asap adalah ke Malaysia dan Filipina. Selanjutnya, HMSP merencanakan ekspor ke 40 negara lain. (Iim Fathimah Timorria dan Annasa Rizki Kamalina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.