Ekspansi Manufaktur Melambat, Pelaku Industri Tetap Optimistis

Ekspansi sektor manufaktur terindikasi melanjutkan perlambatan pada Mei 2023. Perlambatan ekonomi global dinilai menjadi faktor penekan. Namun demikian, pelaku usaha lebih optimistis dalam menatap kondisi enam bulan ke depan.

Fatkhul Maskur

1 Jun 2023 - 18.05
A-
A+
Ekspansi Manufaktur Melambat, Pelaku Industri Tetap Optimistis

Pabrik Sepeda Motor. - Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Ekspansi sektor manufaktur terindikasi melanjutkan perlambatan pada Mei 2023. Perlambatan ekonomi global dinilai menjadi faktor penekan. Namun demikian, pelaku usaha lebih optimistis dalam menatap kondisi enam bulan ke depan.

Indikasi perlambatan ekspansi sektor manufaktur terlihat dari Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Mei 2023 yang hanya 50,9, lebih rendah dibandingkan dengan IKI pada April 2023 di level 51.38.

“Tetap ekspansi, meskipun melambat 0,48 poin dibandingkan April 2023,” kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif saat menyampaikan rilis IKI Mei 2023 di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

IKI 50,0 menunjukkan performa manufaktur yang stagnan. IKI < 50,0 menunjukkan kontraksi, adapun IKI >50,0 menunjukkan performa ekspansi. Sejak diluncurkan pada November 2022, pencapaian angka indeks tertinggi terjadi pada Februari 2023, yakni mencapai 5,32. Setelah itu terus menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.