Ekspansi Penuh Perhitungan, Emiten Andalkan Modal Sendiri

Sejumlah emiten memilih menggunakan dana internal dalam rangka membiayai ekspansi anak usaha atau entitas terafiliasinya. Hal ini menunjukkan kehati-hatian emiten sekaligus bukti kuatnya kemampuan finansial mereka untuk berekspansi di tengah kondisi ekonomi yang menantang saat ini.

Emanuel Berkah Caesario
Aug 4, 2022 - 1:43 PM
A-
A+
Ekspansi Penuh Perhitungan, Emiten Andalkan Modal Sendiri

Ilustrasi kesepakatan bisnis. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif baik pada awal tahun ini tampaknya membangkitkan rasa optimisme di kalangan emiten untuk memacu kinerjanya melalui ekspansi strategis. Namun, sejumlah emiten tampaknya memilih sangat berhati-hati dalam ekspansi ini.

Kehati-hatian ini tampaknya sangat beralasan di tengah bayang-bayang risiko bisnis yang makin nyata akhir-akhir ini, seiring dengan terganggunya rantai pasok komoditas global, kenaikan inflasi, dan pengatatan kebijakan suku bunga global.

Langkah yang penuh perhitungan ini tecermin dari keputusan sejumlah emiten yang memilih untuk melakukan pendanaan internal dalam rangka membiayai ekspansi lini usaha dalam satu grup. Hal ini juga mencerminkan kuatnya kemampuan finansial emiten tersebut.

Sejumlah emiten seperti PT HM Samperna Tbk. (HMSP), PT United Tractors Tbk. (UNTR), PT Indika Energy Tbk. (INDY), PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk., dan PT Smartfren Telekom Tbk. (FREN), melakukan transaksi afiliasi dalam jumlah besar.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekspansi Penuh Perhitungan, Emiten Andalkan Modal Sendiri

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ