Ekspektasi Suku Bunga Longgar & Jurus Penyesuaian Kredit Bank

Potensi pemangkasan suku bunga acuan The Fed pada tahun 2024 menjadi pertimbangan bank sentral dalam membuka ruang penurunan suku bunga. Situasi tersebut dapat menjadi sinyal bank untuk melakukan penyesuaian.

Fahmi Ahmad Burhan & Arlina Satiti Mugi Laras

17 Jan 2024 - 19.53
A-
A+
Ekspektasi Suku Bunga Longgar & Jurus Penyesuaian Kredit Bank

Ilustrasi penyaluran kredit perbankan./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA – Potensi pemangkasan suku bunga acuan The Fed pada tahun 2024 menjadi pertimbangan bank sentral dalam membuka ruang penurunan suku bunga. Situasi tersebut dapat menjadi sinyal bank untuk melakukan penyesuaian. 

Dalam hal ini, Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan atau BI rate di level 6% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode 16-17 Januari 2024. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan alasan Dewan Gubernur BI mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate di level 6 persen pada awal tahun 2024.  

Kendati begitu, Perry berujar bahwa ruang penurunan BI rate ke depan masih tetap akan ada dengan mempertimbangkan seberapa cepat penguatan nilai tukar rupiah, lalu kondisi inflasi inti dan pangan hingga dorongan kredit terhadap pembiayaan ekonomi.

Hal tersebut direspon sejumlah bank, tak terkecuali bank cilik, atau KBMI II, seperti PT KB Bukopin Tbk. (BBKP) yang terus membuka ruang untuk melakukan penyesuaian baik itu dari sisi bunga kredit maupun simpanan. Kendati, hal tersebut bakal dijalankan secara selektif dengan memperhatikan kondisi masing-masing nasabah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.