Ekspor Bauksit Disetop 2023, Kesiapan Industri Masih Tanda Tanya

Pemerintah mengumumkan penghentian ekspor bauksit mulai Juni 2023 untuk mengejar nilai tambah sebesar Rp62 triliun. Di sisi lain, kalangan industri meminta pemerintah mempertimbangkan kembali penetapan waktu tersebut seiring belum selesainya konstruksi sejumlah smelter bauksit dalam negeri.

Rayful Mudassir

21 Des 2022 - 18.26
A-
A+
Ekspor Bauksit Disetop 2023, Kesiapan Industri Masih Tanda Tanya

Bisnis, JAKARTA - Langkah pemerintah menghentikan ekspor bauksit bukan lagi isapan jempol belaka. Bauksit bersih atau washed bauxite (WBx) akan moratorium mulai Juni 2023. Namun, kesiapan industri pengolahan masih menjadi tanda tanya lantaran sejumlah smelter masih dalam tahap konstruksi.

Keputusan penghentian ekspor diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai upaya pemerintah meningkatkan nilai tambah komoditas mentah di dalam negeri. Bauksit menjadi produk tambang kedua yang dilarang ekspornya setelah nikel pada 2020. 

Setelah moratorium diterapkan, industrialisasi bauksit di dalam negeri diproyeksikan mampu meningkatkan pendapatan negara hingga Rp41 triliun per tahun dari sebelumnya Rp21 triliun menjadi Rp62 triliun per tahun. 

BACA JUGA: Dilema Larangan Ekspor Bauksit dan Ketidaksiapan Smelter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ekspor Bauksit Disetop 2023, Kesiapan Industri Masih Tanda Tanya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.