Ekspor Karet Sumut ke Rusia Menurun Imbas Perang dengan Ukraina

Selain permintaan melemah, pengapalan karet juga terganggu akibat kapal pengangkutan karet tidak bisa masuk ke Rusia.

Rustam Agus

13 Mar 2022 - 21.30
A-
A+
Ekspor Karet Sumut ke Rusia Menurun Imbas Perang dengan Ukraina

Panen getah karet / Antara

Bisnis, MEDAN – Kinerja ekspor karet Sumatra Utara ke Rusia menurun akibat imbas perang Rusia-Ukraina dan terganggunya kapal pengangkutan karet tidak bisa masuk ke Rusia

Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut mencatat ekspor karet dari daerah itu di Februari 2022 turun 11,99 persen dari Januari atau tinggal 28.698 ton akibat permintaan dari Rusia melemah.

"Perang Rusia-Ukraina sudah berdampak ke penurunan ekspor karet Sumut, meski tidak terlalu besar," ujar Sekretaris Eksekutif Gapkindo Sumut, Edy Irwansyah, Jumat (11/3).

Ekspor karet Sumut ke Rusia pada Januari, tulis Antara, sudah mencapai  374 ton tetai muai melemah di Februari yang tercatat hanya 120 ton.

Dengan menurunnya ekspor ke Rusia, maka secara total ekspor Sumut di Februari juga turun 11,99 persen dari Januari atau tinggal 28.698 ton.

Selain permintaan melemah, pengapalan karet juga terganggu akibat kapal pengangkutan karet tidak bisa masuk ke Rusia.

"Meski ekspor ke Rusia tidak besar, tapi sudah berdampak," kata Edy.

Penurunan volume ekspor karet Sumut semakin dirasakan karena "delay shipment" (penundaan pengapalan) masih terjadi di Februari.

Pada Februari, ekspor karet Sumut ada ke 30 negara dengan terbesar ke Jepang, Amerika Serikat, Brazil, Republik Rakyat Tiongkok dan Kanada.

"Syukurnya saat terjadi penurunan ekspor harga jual sedikit naik," katanya.

Harga rata-rata karet jenis SIR20 di bursa berjangka Singapura pada bulan Februari naik sedikit atau menjadi 1,79 dolar AS dari Januari 1,77 dolar AS per kg.

"Harapannya harga bisa naik lagi, karena pada Maret, produksi karet Sumut sedikit akibat musim kering sehingga volume ekspor akan terbatas," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.