Ekspor Mikrocip Taiwan Naik 18,4%, Masih Pimpin Pasar Global

Kementerian keuangan Taiwan melaporkan bahwa ekspor mikrocip terintegrasi atau IC Taiwan naik 18,4 persen pada 2022.

Jaffry Prabu Prakoso

16 Jan 2023 - 16.20
A-
A+
Ekspor Mikrocip Taiwan Naik 18,4%, Masih Pimpin Pasar Global

Pekerja menyelesaikan pembuatan komponen otomotif di pabrik PT Dharma Polimetal Tbk. (DRMA) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Semikonduktor merupakan salah satu bagian penting dari industri otomotif/Bisnis-Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA – Ekspor mikrocip atau semikonduktor terintegrasi Taiwan naik di tahun ketujuh secara berturut-turut pada 2022. Hal ini memperkuat status kepemimpinan wilayah ini di industri semikonduktor global, meskipun diguncang oleh ketegangan AS-China dan diversifikasi rantai pasokan.

Dikutip dari bisnis.com yang melansir dari Bloomberg pada Senin (16/1/2023), Kementerian keuangan Taiwan melaporkan bahwa ekspor cip terintegrasi atau IC yang menjadi komponen penting dari peralatan elektronik, komputer, dan smartphone naik 18,4 persen pada 2022 dari tahun sebelumnya. Ini sekaligus menjadi kenaikan dua digit di tahun ketiga berturut-turut.

"Kami percaya Taiwan tidak tergantikan dalam jangka pendek di industri semikonduktor," kata ekonom Barclays Plc Bum Ki Son. 


Perusahaan tersebut mengatakan bahwa upaya oleh negara lain seperti AS untuk meningkatkan produksi cip tidak akan segera berdampak pada berkurangnya pasar Taiwan.

Kim Son melanjutkan bahwa pentingnya Taiwan dalam industri ini bertumpu pada output raksasa perusahaan seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) yang menguasai lebih dari setengah pangsa pasar manufaktur semikonduktor global, terutama dalam pembuatan cip paling mutakhir di dunia.

Penjualan semikonduktor global telah mendorong ekspor Taiwan saat perdagangan global berada di bawah tekanan besar dari penurunan permintaan di seluruh dunia.

Baca juga: Marvell Technology Bakal Bangun Pusat IC Desain Semikonduktor

Keputusan investasi TSMC di AS, termasuk di fasilitas produksi cip canggih di Arizona, juga menjaga posisi Taiwan sebagai pemain penting di industri cip Negeri Paman Sam ini.

Kim Son mengatakan bahwa masa depan diversifikasi dalam industri ini akan bergantung pada tempat pabrik fabrikasi semikonduktor dibangun. 

Rencana TSMC untuk membangun pabrik di Singapura dan Jepang, investasi Intel Corp baru-baru ini di Vietnam, dan rencana Foxconn dan Vedanta Resources Ltd di India, tambah Kim, sebagai langkah yang mungkin memiliki implikasi jangka panjang untuk industri ini. Kim mengatakan bahwa prospek dalam jangka menengah dan panjang lebih mengalir.

“Hal ini terutama karena konflik perdagangan AS-China serta Covid-19 terus membuat rantai pasokan rentan dan terkonsentrasi," pungkasnya.

Krisis Cip Ganggu Pasar Sepeda Motor RI

Setelah merilis jumlah distribusi sepeda motor sepanjang 2022, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengaku masih belum bisa mengeluarkan target untuk 2023.

Baca juga: Beberapa Perusahaan Semikonduktor Berminat Investasi di RI

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya masih dalam persiapan dan pembicaraan dalam menentukan target penjualan motor pada tahun ini.

“Belum. Ini report-nya baru selesai yang akhir tahun lalu. Nanti kita akan adakan pertemuan berikutnya. Nanti saya kabarin kalau sudah ada informasi,” ungkap Sigit saat dihubungi Bisnis, Rabu (11/1/2023)


Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa meski pada 2022 penjualan sepeda motor nasional telah melebihi target AISI, suplai cip semikonduktor pada tahun lalu lebih rendah dari pada pasokan pada 2021. “Tahun 2021 masih lebih baik suplainya,” tambahnya.

Persoalannya, krisis semikonduktor itupun membayangi pada tahun ini. Sigit menjawab untuk 2023 masih belum bisa diprediksi“[Krisis chip semikonduktor 2023] masih agak susah di prediksi, karena tergantung situasi geopolitik ya,” tandasnya. (Aprianto Cahyo Nugroho dan Anshary Madya Sukma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.