Ekspor Pasir Laut RI dan Angin Segar Rencana Reklamasi Singapura

Penghapusan larangan ekspor pasir laut Indonesia ditengarai memberikan keuntungan bagi proyek reklamasi atau perluasan daratan di Singapura. Terlebih Malaysia sebagai pengekspor utama pasir laut ke negara itu telah menyetop pasokan untuk Negeri Singa.

Rayful Mudassir

1 Jun 2023 - 19.10
A-
A+
Ekspor Pasir Laut RI dan Angin Segar Rencana Reklamasi Singapura

Ilustrasi tambang pasir laut./Istimewa-Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Penghapusan larangan ekspor pasir laut Indonesia ditengarai memberikan keuntungan bagi proyek reklamasi atau perluasan daratan di Singapura.

Kebijakan pembukaan ekspor pasir laut diputuskan Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Pemerintah No 16/2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut yang resmi diundangkan pada 15 Mei 2023. 

Pada pasal 9 beleid terbaru dikemukakan bahwa pemanfaatan sedimen laut didefinisikan sebagai pasir laut dan atau material sedimen lain berupa lumpur diizinkan untuk reklamasi dalam negeri, pembangunan infrastruktur pemerintah serta pembangunan prasarana oleh pelaku usaha. 

Baca Juga: Pro Kontra Izin Ekspor Pasir Laut Setelah 20 Tahun Disetop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.