Ekspresi Karya Seni di Atap Mobil Mini

MINI telah mengkonfirmasi akan menawarkan koleksi atap edisi terbatas yang dibuat dalam kemitraan dengan tiga seniman dari latar belakang budaya yang berbeda, membawa suara dan cerita mereka ke komunitas MINI di seluruh negeri.

Moh. Fatkhul Maskur
Nov 1, 2021 - 8:27 AM
A-
A+
Ekspresi Karya Seni di Atap Mobil Mini

Karya-karya seni tersebut diciptakan oleh tiga seniman yang dipilih secara khusus oleh MINI. - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - MINI telah mengkonfirmasi akan menawarkan koleksi atap edisi terbatas yang dibuat dalam kemitraan dengan tiga seniman dari latar belakang budaya yang berbeda, membawa suara dan cerita mereka ke komunitas MINI di seluruh negeri.

Tersedia untuk jangka waktu terbatas di Amerika Serikat, sosok yang ditugasi secara khusus akan mengubah atap MINI yang ikonik menjadi karya seni, dan akan dipajang sebagai mural di Brooklyn, New York, lingkungan SoHo New York, dan Portland, Oregon.

“MINI adalah semua tentang ekspresi diri, dan atap menyampaikan ini dalam bentuknya yang paling murni,” kata Wakil Presiden MINI Amerika Mike Peyton, seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (1/11/2021).

Sekarang atap itu akan menjadi karya seni sejati. Kolaborasi khusus ini adalah bagian dari kampanye merek MINI Big Love, dua kata pendek namun berkekuatan menginspirasi dunia untuk tindakan positif. Motonya adalah "Kita semua berbeda, tetapi cukup baik bersama."

Sebagai bagian dari proyek ini, MINI USA akan memberikan sumbangan kepada Dewan Imigrasi Amerika untuk mendukung misinya.

Karya-karya seni tersebut diciptakan oleh tiga seniman yang dipilih secara khusus oleh MINI dan mereka mencerminkan latar belakang budaya dan pengalaman individu yang beragam yang tumbuh di Amerika Serikat.

Rich Tu adalah seorang seniman dan desainer yang tinggal di Brooklyn. Dia adalah generasi pertama Filipina Amerika yang sangat tertarik dengan budaya dan masa depan. Rich menjadi pembawa acara First Generation Burden, podcast yang berfokus pada integrasi imigran dalam komunitas kreatif.

Warna yang mencolok, gerakan yang melekat dan gambar yang penuh detail adalah ciri khas dari karya-karyanya yang sangat pribadi. Gaya visual Rich Tu yang kuat terinspirasi oleh tiga hasratnya: komunitas, keadilan sosial, dan refleksi pengalaman imigran generasi pertama melalui ekspresi diri. Karyanya berjudul "Hiraya", yang berasal dari kata Filipina kuno yang berarti "buah harapan, impian, dan aspirasi".

Shane Griffin, juga dikenal sebagai 'Grif', adalah seniman dan sutradara visual multi-disiplin pemenang penghargaan yang berasal dari Dublin dan sekarang berbasis di New York. 

Grif telah bekerja dengan banyak ikon budaya pop, termasuk Kanye West, Kid Cudi dan Wiz Khalifa. Terutama menggambar pada surealisme dan abstraksi, karya Grif mencakup seluruh spektrum cetak, patung, animasi, dan film aksi langsung. Karya Shane berjudul “ChromaFlow”.

Shawna X adalah seniman independen dan direktur visual dengan akar di Portland yang tinggal di New York. Dia dikenal karena gaya desain visualnya yang hidup, bersemangat, dan grafis dalam ruang digital, spasial, dan gerak. 

X adalah referensi untuk nama Cinanya Xiayun (Sia-yoon, kata untuk semak Ruta montana). Karya Shawna berjudul “Jalan yang kita tempuh” dan merupakan ekspresi visual dari jalan yang mempertemukan kita.

Limited Edition Rooftop, MINI USA - Rich Tu (10/2021)

Wendy Feliz, Direktur Pusat Inklusi dan Kepemilikan Dewan Imigrasi Amerika, mengatakan bahwa Rich Tu, Shane Griffin, Shawna X, dan MINI BIG LOVE menjadi contoh bagaimana kecantikan dan kekuatan dapat datang dari orang-orang berbakat dari berbagai latar belakang yang bekerja sama.

“Kami bangga dan senang dapat mengambil manfaat dari karya seni yang luar biasa ini dan kami berharap dapat merayakannya dan para seniman yang menciptakannya.”

MINI yang dirancang pada 1959 oleh Alec Issigonis, seorang insinyur Inggris dengan akar Yunani, sekarang dijual di 109 negara di seluruh dunia. Mobil ini dikendarai dengan sangat bangga oleh orang-orang yang telah membuat merek dengan cara unik.

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar