EKSPRESI : Stunting & Generasi Emas Indonesia

Sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki modal dasar dalam menggerakkan perekonomian. Untuk itu, peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia mutlak dilakukan.

Rahayuningsih

11 Feb 2023 - 11.34
A-
A+
EKSPRESI : Stunting & Generasi Emas Indonesia

Meski tahun lalu angka stunting di Indonesia menurun dibandingkan 2021, upaya pemerintah dalam menekan jumlah anak stunting di Indonesia masih diuji. Pola konsumsi dan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap bahaya stunting menjadi tantangan.

Meminjam kalimat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa stunting tidak hanya menyangkut kesehatan tetapi menentukan bangsa ini besar atau tidak, kesadaran terhadap dampak buruk stunting harus terus disuarakan.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada 2022, yang memberikan gambaran status gizi balita meliputi stunting, wasting, underweight, dan overweight, terhadap 334.848 bayi di 33 provinsi, diketahui angka stunting di Indonesia pada tahun lalu berada di posisi 21,6% turun dibandingkan dengan 2021 di posisi 24,4%. Meski membaik, pencapaian itu masih di atas standar ketetapan WHO yaitu 20%.

Menilik rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), pemerintah tampaknya harus bekerja lebih keras untuk menurunkan angka stunting tahun ini. Sebagaimana yang ditetapkan, pada 2023 diharapkan angka stunting berada di level 17,8% dan kembali turun di posisi 14% pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.