El Nino, Ancaman Baru Penekan Inflasi 2023

Indonesia harus mengantisipasi terjadinya dampak negatif dari tibanya El Nino. Kesiapan pangan menjadi fokus agar Indonesia tidak mengalami gangguan pangan yang berdampak pada terjadinya inflasi.

Saeno

30 Apr 2023 - 20.26
A-
A+
El Nino, Ancaman Baru Penekan Inflasi 2023

Ilustrasi - Foto udara lahan gambut yang dijadikan areal tanam sawit pada 4 September 2016 masih menampakkan areal sisa terbakar./KLHK-Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Selain menyebabkan suhu panas yang ekstrem, El Nino bisa berdampak pada sektor pangan. Indonesia pun harus mengantisipasi terjadinya dampak negatif dari tibanya El Nino. Kesiapan pangan menjadi fokus agar Indonesia tidak mengalami gangguan pangan yang berdampak pada terjadinya inflasi.

Langkah antisipasi disiapkan pemerintah atas prediksi bahwa dunia dapat mengalami rekor suhu rata-rata baru pada 2023 atau 2024 akibat perubahan iklim dan kembalinya fenomena El Nino.

Indonesia pernah mengalami dampak buruk El Nino pada 2015 saat kebakaran lahan dan hutan terjadi di sejumlah wilayah.

"El Nino biasanya dikaitkan dengan suhu yang memecahkan rekor di tingkat global. Apakah ini akan terjadi pada tahun 2023 atau 2024 belum diketahui, tetapi, saya pikir, lebih mungkin terjadi daripada tidak," kata Direktur Layanan Perubahan Iklim Uni Eropa, Copernicus, Carlo Buontempo, seperti dikutip Bisnis.com dari Reuters, Jumat (21/4/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

El Nino, Ancaman Baru Penekan Inflasi 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.