Elnusa Dukung Kelancaran Pasokan Energi Nasional

Elnusa melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi yang dikelola anak usahanya PT Elnusa Petrofin (EPN) turut berkontribusi sebagai bagian Satuan Tugas (Satgas) Ramadan Idul Fitri (RAFI) 2024 untuk mendistribusikan energi ke seluruh penjuru negeri.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

5 Apr 2024 - 16.30
A-
A+
Elnusa Dukung Kelancaran Pasokan Energi Nasional

PT Elnusa Petrofin (EPN), anak perusahaan PT Elnusa Tbk. (ELSA) menyediakan SPBU Storage di beberapa wilayah, dalam rangka mendukung kelancaran pasokan energi nasional selama periode Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2024. Istimewa-Elnusa

Bisnis, JAKARTA — PT Elnusa Tbk., anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina berkomitmen mendukung kelancaran pasokan energi nasional selama periode Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2024.

Perusahaan berkode saham ELSA itu melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi yang dikelola anak usahanya PT Elnusa Petrofin (EPN) turut berkontribusi sebagai bagian Satuan Tugas (Satgas) Ramadan Idul Fitri (RAFI) 2024 untuk mendistribusikan energi ke seluruh penjuru negeri.

Dengan kata lain, Elnusa berkomitmen untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam Satgas RAFI yang dimulai sejak 25 Maret lalu sampai 21 April 2024 mendatang. Ferdiansyah, Direktur Operasi dan Marketing EPN, mengungkapkan bahwa EPN menyiapkan personel Awak Mobil Tangki (AMT) sebanyak 6.130 yang telah dibekali kompetensi serta sertifikasi dan kendaraan Mobil Tangki (MT) sebanyak 1.965 untuk digunakan di seluruh area operasi, guna memastikan pekerjaan berjalan dengan baik.

“Sebagai bagian dari Satgas RAFI, segala hal yang telah disiapkan dengan optimal demi mewujudkan komitmen kami dalam men-support Pertamina Patra Niaga untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat selama periode Ramadan-Idulfitri 2024,” ujar Ferdiansyah dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, EPN juga menyediakan SPBU Storage di beberapa wilayah, MT Spot Charter sebanyak 132 unit, juga mempersiapkan alternatif mobilisasi AMT dari lokasi lain yang terkena dampak signifikan oleh Satgas RAFI. 

EPN juga terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan LPG di wilayah unit operasi Depot LPG Amurang di Minahasa Selatan, Manado, Gorontalo dan Wilayah Unit Operasi SPBE dan SPPBE EPN seperti di Bima Nusa Tenggara Barat, Semper Jakarta Utara, dan Gunungsitoli Nias Sumatera Utara.

Baca juga:

Pertamina Dukung Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM, Listrik, dan LPG

Gerak Cepat Indonesia Mengamankan Mineral Kritis dan Strategis

Asa Tinggi Produksi Migas dari Aset Tua Pertamina di ONWJ

PLN Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman, SPKLU Menjamur

“Sebagai upaya dalam mendukung operasional pendistribusian energi, kami membangun komunikasi secara intensif di internal Elnusa Group maupun Pertamina Group, serta melibatkan aparat keamanan. Atas berbagai upaya tersebut, EPN siap mendukung Pertamina Patra Niaga dalam menjalankan misinya secara maksimal dan menjaga ketahanan energi, terutama pada periode Ramadan hingga Idulfitri 2024 ini,” ujarnya.


Adapun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sebelumnya meminta Pertamina untuk meningkatkan stok BBM selama Idulfitri tahun ini. “Dengan belajar dari tahun-tahun sebelumnya, diharapkan mampu meredam [kebutuhan konsumsi BBM] pada kondisi puncak arus mudik pada tahun ini,” kata Arifin saat kunjungan kerja ke Surabaya, Kamis (4/4/2024). 

Dalam kunjungan tersebut Arifin mengunjungi SPBU Ngagel 54.601.100 dan Integrated Terminal Surabaya. Turut hadir Kepala BPH Migas Erika Retnowati, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution, dan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra.

Dari hasil kunjungannya, Arifin mengatakan Pertamina telah siap menjamin pasokan BBM dan LPG selama periode mudik dan libur Lebaran. Dia memastikan stok dan penyaluran dalam kondisi aman dan berjalan lancar. “Secara umum, ketahanan stok BBM dalam kondisi bagus di atas 20 hari, Pertalite 20 hari, dan Solar juga sama,” kata Arifin.

Tidak hanya dari sisi kesiapan stok, Arifin juga turut memonitor kualitas produk Pertamina dengan melakukan pengujian tera di SPBU Ngagel. Dari hasil pengujian diperoleh hasil kualitas yang baik.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution menyampaikan layanan Pertamina telah disiapkan dalam kondisi prima. Tera pengecekan meter arus dari dispenser SPBU juga telah sesuai dengan ketentuan meteorologi.

“Keakuratan dispenser yang ada di SPBU benar-benar baik jadi saya rasa baik dari sisi terminal BBM-nya maupun SPBU-nya Pertamina sudah siap untuk melayani Lebaran di tahun 2024 ini” kata Alfian.


Alfian menambahkan bahwa sejalan dengan di wilayah lainnya, Pertamina Surabaya juga mempersiapkan layanan siaga 24 jam. Seluruh infrastruktur telah disiagakan, meliputi 115 terminal BBM, 30 terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 5.027 agen LPG, dan 71 DPPU.

“Kami telah mempersiapkan agen LPG siaga juga SPBU modular di rest area yang tidak memiliki SPBU. Sementara juga dipersiapkan kantong-kantong untuk mobil tangki dan layanan motoris delivery service jika ada pelanggan yang terjebak kemacetan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.