Elnusa-STT Migas Balikpapan Perkuat Fundamental Pekerja ESDM

Fundamental dan rekam jejak yang dimiliki Elnusa dengan kapasitas serta kapabilitas sebagai perusahaan jasa energi terpercaya di Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dalam mencetak SDM yang unggul.

Ibeth Nurbaiti

23 Nov 2023 - 21.01
A-
A+
Elnusa-STT Migas Balikpapan Perkuat Fundamental Pekerja ESDM

Penandatanganan perjanjian kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) sektor energi dan sumber daya mineral antara PT Elnusa Tbk. dan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan di Ruang Meeting BoD Gedung Graha Elnusa Lantai 16, Kamis (23/11/2023). Bisnis-Istimewa

Bisnis, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. bersama Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan menyepakati perjanjian kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) sektor energi dan sumber daya mineral.

Langkah kemitraan yang dilakukan oleh emiten berkode saham ELSA tersebut merupakan salah satu upaya perusahaan dalam mendukung pengembangan ekosistem pendidikan guna melahirkan SDM yang unggul di sektor migas maupun bidang industri lainnya.

Kerja sama tersebut juga sejalan dengan agenda global pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) tujuan nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. “Kami berkeyakinan melalui kerja sama ini, akan menjadi penggerak yang mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia praktik industri,” kata Direktur SDM & Umum Elnusa Hera Handayani, dikutip Kamis (23/11/2023).

Baca juga: Pertamina Siapkan Tenaga Kerja ‘Green Skills’ untuk Transisi Energi

Menurut dia, fundamental dan rekam jejak yang dimiliki Elnusa dengan kapasitas serta kapabilitas sebagai perusahaan jasa energi terpercaya di Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dalam mencetak SDM yang unggul.

Oleh karena itu, Elnusa ke depannya akan terus mendukung terbentuknya bibit-bibit tenaga kerja yang unggul dalam industri migas, seperti halnya yang selama ini telah dilakukan juga oleh STT Migas Balikpapan.

Sementara itu, Ketua STT Migas Balikpapan M. Lukman menyebutkan bahwa pendirian STT Migas tidak lepas dari dukungan Elnusa. Hingga kini, imbuhnya, tenaga ahli dari Elnusa kerap memberikan ilmu praktis kepada mahasiswa STT Balikpapan.

“Semoga kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk menuju pencapaian tujuan bersama dan memberikan manfaat, baik untuk Elnusa maupun STT Migas,” kata Lukman.

Baca juga: Menepis Tantangan Klasik Penghambat Produksi Hulu Migas

Sebagai gambaran, Pertamina melalui Universitas Pertamina juga tengah berupaya menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang memiliki green skills untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan bidang sustainability yang terus meningkat setiap tahunnya.


Direktur Utama Pertamina sekaligus Ketua Advisory Board Universitas Pertamina (UPER) Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa transisi energi dan program dekarbonisasi untuk keberlanjutan bumi menghadapi tiga tantangan utama yaitu pendanaan, teknologi, dan SDM.

Adapun, Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai perusahaan solusi total jasa energi, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.