Elon Musk Berencana Luncurkan Internet Starlink Langsung ke HP

Akses suara, data, dan IOT di layanan Starlink yang dinamakan direct to cell tersebut akan mulai dilakukan pada 2025 mendatang, tepatnya satu tahun lagi.

Rika Anggraeni

3 Jun 2024 - 18.59
A-
A+
Elon Musk Berencana Luncurkan Internet Starlink Langsung ke HP

Satelit Starlink. /Dok. Starlink

Bisnis, JAKARTA — Elon Musk melalui SpaceX berencana mengeluarkan telepon pintar (smartphone) yang dapat terhubung langsung dengan internet berbasis satelit Starlink. 

Rencana perusahaan tersebut disebutkan dalam pengajuan yang diajukan kepada Komisi Komunikasi Federal (FCC). Jika tidak ada halangan, produk akan hadir pada musim gugur tahun ini atau September 2024. 

Mengutip laman resminya pada Senin (3/6/2024), Starlink dengan kemampuan direct to cell memungkinkan akses di darat, danau, hingga perairan pesisir untuk mengirim SMS, menelepon, dan menjelajah internet.

Baca juga: Berbagai Aroma Perlakuan Tak Seimbang untuk Starlink Elon Musk

Layanan direct to cell milik Elon Musk tersebut juga akan menghubungkan perangkat IoT dengan standar LTE umum.

Dalam laman resminya, tercantum bahwa akses suara, data, dan IOT di layanan Starlink direct to cell akan mulai dilakukan pada 2025 mendatang, tepatnya satu tahun lagi.

“Kampanye peluncuran Starlink direct to cell segera digelar,” demikian seperti yang dikutip dari dalam laman resmi Starlink.

Starlink menjelaskan bahwa layanan direct to cell dapat berfungsi dengan ponsel LTE yang sudah ada dengan mengarahkan ponsel ke arah langit. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menggunakan perangkat keras atau aplikasi khusus.

 

 

Direct to Cell memungkinkan konektivitas di daerah terpencil, membuat pelanggan merasa tenang saat sangat membutuhkan layanan,” tambahnya.

Mengutip bisnis.com yang melansir dari SignalBoosters pada Senin (3/6/2024), satelit yang dirancang untuk Starlink direct to cell berbeda dengan yang digunakan untuk konektivitas internet.

Satelit generasi kedua Starlink dari SpaceX ini akan dilengkapi dengan antena besar yang akan meniru menara sel T-Mobile, namun dari luar angkasa.

Untuk memastikan satelit dapat mendeteksi dan mengirimkan sinyal kuat dari luar angkasa, mereka dilengkapi dengan silikon kustom inovatif, penerima radio yang sangat sensitif, pemancar daya tinggi, dan perangkat lunak yang canggih.

Baca juga: Internet Starlink Bisa Langsung ke HP, Simak Kekurangan dan Kelebihannya!

Satelit ini dirancang untuk menggunakan protokol LTE/4G standar. Dibandingkan dengan 5G, sinyal LTE/4G memiliki jangkauan yang lebih luas, yang merupakan keharusan untuk sinyal seluler yang berasal dari satelit yang terletak ratusan kilometer di atas permukaan Bumi.

Bahkan, Elon Musk mengklaim bahwa satelit akan mentransmisikan langsung ke ponsel seluler dan menghilangkan zona mati atau daerah terpencil di seluruh dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.