Elon Musk Kenalkan xAI Grok, Multimoda Pesaing ChatGPT

Grok dapat memproses informasi visual seperti dokumen, foto, diagram, dan lainnya, serta menjadikan model tersebut kompetitif dengan platform multimoda lainnya.

Rika Anggraeni

14 Apr 2024 - 17.31
A-
A+
Elon Musk Kenalkan xAI Grok, Multimoda Pesaing ChatGPT

Tampilan xAI Grok. /grok.x.ai

Bisnis, JAKARTA — xAIPerusahaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) milik Elon Musk, bakal memperkenalkan model multimodal generasi pertama perusahaan, yaitu Grok-1.5V atau Grok 1.5 Vision.

Ini terungkap saat xAI membagikan pratinjau Grok-1.5V pada 12 April 2024, dengan memperkenalkan versi model bahasa Grok yang dapat memproses visual. Model chatbot AI pertama milik Elon Musk ini memproses video dan teks.

Baca juga: TikTok Kembangkan Iklan Produk melalui Influencer AI

Ini artinya kini Grok dapat memproses informasi visual seperti dokumen, foto, diagram, dan lainnya, serta menjadikan model tersebut kompetitif dengan platform multimoda lainnya.

xAI ditujukan untuk pengguna premium aplikasi X (dahulu bernama Twitter), menyaingi ChatGPT milik OpenAI.

“Selain kemampuan teksnya yang kuat, Grok kini dapat memproses berbagai macam informasi visual, termasuk dokumen, diagram, bagan, tangkapan layar, dan foto. Grok-1.5V akan segera tersedia untuk penguji awal kami dan pengguna Grok yang sudah ada,” demikian yang dikutip dari laman resmi xAI, Minggu (14/4/2024).

Meski belum dirilis ke publik, xAI mengatakan bahwa Grok 1.5V akan segera tersedia untuk penguji awal dan pengguna Grok yang sudah ada. 

Dalam unggahan itu juga terlihat informasi benchmarking terperinci yang membandingkan Grok 1.5V dengan pesaing multimoda seperti ChatGPT-4V OpenAI, Claude 3 Sonnet dan Claude 3 Opus dari Anthropic, dan Gemini Pro 1.5 milik Google.

Selain itu, xAI membagikan tujuh contoh berbeda tentang bagaimana Grok 1.5V dapat menggunakan informasi visual, termasuk penggunaan gambar dunia nyata atau menerjemahkan grafik ke dalam kode.

Baca juga: Saingi ChatGPT OpenAI, Elon Musk Kenalkan xAI Grok

Dikutip dari bisnis.com yang melansir Teslarati, Minggu (14/4/2024), model multimoda hadir setelah Musk mengatakan awal tahun ini bahwa xAI sedang bersiap meluncurkan Grok 1.5.

Dalam sebuah wawancara yang diadakan awal pekan ini, Elon Musk sempat mengatakan bahwa dia yakin akan memiliki AI yang lebih pintar dari manusia mana pun pada akhir 2025, sementara menurutnya kekuatan komputasi AI akan melampaui semua manusia hanya dalam waktu lima tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.