Elon Musk Orbitkan Starlink Ukraina, Halo Investasi LEO ke RI?

Berbeda dengan di Ukraina yang terang-terangan meminta bantuan Starlink untuk menjaga layanan komunikasi di tengah kondisi perang, rencana keberadaan satelit LEO di Indonesia justru banyak menuai kontroversi. Lantas, seandal apakah satelit buatan SpaceX itu sehingga begitu diminati banyak negara?

Wike D. Herlinda

1 Mar 2022 - 13.00
A-
A+
Elon Musk Orbitkan Starlink Ukraina, Halo Investasi LEO ke RI?

Pendiri SpaceX, Elon Musk./dok. Getty Images-Kevork Djansezian

Bisnis, JAKARTA — Akhir pekan lalu, perhatian publik global sempat tersedot ke konglomerat global Elon Musk yang tiba-tiba mengambil sikap di tengah manifestasi konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina. 

Bos Tesla Inc. dan SpaceX itu secara mengejutkan menyatakan dukungannya kepada Ukraina yang diejawantahkan melalui bantuan teknologi komunikasi untuk negeri yang tengah diinvasi Rusia itu.

Salah satu orang terkaya di dunia dengan valuasi US$222,4 miliar itu mengaku sudah menyiapkan satelit Starlink untuk mengorbit di atas Ukraina guna mendukung komunikasi di tengah serangan Negeri Beruang Merah.

(BACA JUGA: Menilik Kabar Terakhir Megaproyek Satelit Satria-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.