Elon Musk Selangkah Lagi Jadi Triliuner Pertama di Dunia

Elon Musk punya rencana besar membawa umat manusia ke luar angkasa. Pada Januari lalu dia mengumumkan rencana mengirim satu juta orang ke Mars pada tahun 2050.

Farid Firdaus & Saeno

20 Okt 2021 - 12.14
A-
A+
Elon Musk Selangkah Lagi Jadi Triliuner Pertama di Dunia

Elon Musk/Bisnis.com/Bloomberg

Bisnis, JAKARTA – Lomba wisata ke luar angkasa yang melibatkan tiga orang kaya dunia Jeff Bezos, Richard Branson, dan Elon Musk diyakini akan menambah kekayaan mereka. Bahkan, Elon Musk diprediksi akan menjadi triliuner pertama di dunia melalui proyek ambisiusnya, SpaceX.

Analis Morgan Stanley menyebutkan Space Exploration Technologies Corp atau SpaceX berpotensi mengangkat status Elon Musk menjadi trilinuer. Dikutip bisnis.com dari Bloomberg, Rabu (20/10/2021), Elon Musk telah menjadi orang terkaya di dunia berkat kinerja Tesla Inc.

Namun, SpaceX lah yang dinilai akan berperan dalam menambah pundi-pundi Elon Musk di masa mendatang.

“Perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta menentang segala prasangka tentang apa yang mungkin dan kerangka waktu yang mungkin, dalam hal roket, kendaraan peluncuran dan infrastruktur pendukung," tulis Adam Jonas dari Morgan Stanley dalam catatan dengan berjudul SpaceX escape velocity ... who can catch them?, Selasa (19/10/2021).

SpaceX saat ini menghasilkan kurang dari 17 persen kekayaan bersih Musk yang ditaksir mencapai total US$241,4 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Itu terjadi setelah perusahaan bernilai US$100 miliar terlibat dalam penjualan saham sekunder awal bulan ini.

Jonas, yang memiliki penilaian bull-case senilai US$200 miliar untuk SpaceX, menulis bahwa ia memandangnya sebagai banyak perusahaan dalam satu organisasi karena meliputi infrastruktur ruang angkasa, pengamatan bumi, eksplorasi ruang angkasa, dan industri lainnya.

Bisnis komunikasi satelit Starlink adalah kontributor terbesar untuk perkiraan penilaiannya. Musk sebagai triliuner pertama di dunia telah diajukan sebelumnya – tetapi sebagian besar karena kinerja saham Tesla.

Perjalanan mengesankan Tesla yang dimulai tahun lalu membuat kekayaan bersih Musk melonjak, dan lonjakannya belum benar-benar mereda. Pada Senin (18/10/2021) saja, saham Tesla meningkatkan kekayaan bersih pendirinya sebesar US$6,6 miliar.

Elon Musk dihitung memiliki sekitar setengah dari SpaceX, sehingga perusahaan roket ini masih memiliki cara untuk lepas landas sebelum dapat mengangkat nilai kekayaan pendirinya sendiri ke level empat koma. Bulan lalu, SpaceX meluncurkan miliarder Jared Isaacman ke orbit, bersama dengan dua pemenang kontes dan seorang petugas kesehatan yang selamat dari kanker masa kanak-kanak.

Peluncuran itu adalah penerbangan penumpang carteran pertama untuk SpaceX dan langkah besar dalam pariwisata luar angkasa oleh perusahaan swasta. Ini pertama kalinya dalam 60 tahun penerbangan antariksa manusia, di mana tidak ada astronot profesional yang menaiki roket yang terikat orbit.

Elon Musk dan Starship

Elon Musk memiliki Starship untuk membawa orang-orang berwisata ke bulan. Elon Musk mengklaim kapal Starship-nya dapat membantu membersihkan sampah luar angkasa dengan membuang puing-puing yang ada.

Starship adalah pusat dari rencana Musk untuk mengirimkan manusia ke Mars. Starship diklaim dapat memecahkan masalah mendesak, terutama orbit bumi yang semakin berantakan dengan puing-puing dari misi luar angkasa sebelumya. Hal ini dinilai dapat menjadi ancaman serius bagi rencana masa depan.

Berdasarkan data Badan Antariksa Eropa, terdapat 34.000 objek yang berdiameter lebih dari 10 cm dan 900.000 yang berukuran antara satu dan 10 cm yang mengelilingi bumi.

Dengan semakin banyaknya satelit yang diluncurkan ke luar angkasa, potensi tabrakan berkecepatan tinggi dengan puing-puing antariksa akan semakin meningkat.

Saat ditanya melalui Twitter, Elon Musk menjawab bisa menerbangkan Starship di sekitar ruang angkasa dan mengumpulkan puing-puing dengan fairing yang bergerak. Hal ini tentu untuk menghindari sindrom Kessler, yakni mempersulit operasi di orbit bumi jika keadaan menjadi cukup buruk.

Kendaraan uji Starship Hopper Space Exploration Technologies Inc. dekat Boca Chica, Texas, A.S./Bisnis.com/Bloomberg

Elon Musk punya rencana besar membawa umat manusia ke luar angkasa. Pada Januari lalu dia mengumumkan rencana mengirim satu juta orang ke Mars pada tahun 2050.

Musk juga berencana membangun 1.000 pesawat luar angkasa selama 10 tahun, setara dengan 100 pesawat ruang angkasa per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.