Emco Asset Management Didenda Rp3,35 Miliar karena Bentjok

Bukan hanya sanksi administratif, OJK juga mengenakan perintah tertulis kepada Emco Asset Management.

Rika Anggraeni

4 Mar 2024 - 13.44
A-
A+
Emco Asset Management Didenda Rp3,35 Miliar karena Bentjok

Kantor OJK. Bisnis/Arief Hermawan. P

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenakan sanksi administratif berupa denda senilai Rp3,35 miliar kepada PT Emco Asset Management. Denda tersebut dikenakan karena perusahaan telah melakukan pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Berdasarkan pengumuman di laman resmi OJK, Minggu (3/3/2024), sanksi administratif ini dikenakan karena Emco Asset Management memiliki sangkut paut dengan Benny Tjokrosaputro (Bentjok). Dalam kasus tersebut, Bentjok menyediakan tenaga pemasar dari PT Hanson International Tbk. yang bukan merupakan agen penjual efek reksa dana (APERD).

Baca juga: Ramalan Kucuran Dana Pinjol Sambut Momentum Ramadan

Bukan hanya sanksi administratif, OJK juga mengenakan perintah tertulis kepada Emco Asset Management. 

Pertama, perintah tertulis untuk melakukan pembayaran utang redemption kepada nasabah. 

Kedua, perintah tertulis untuk melakukan pembubaran/likuidasi atas reksa Dana Emco Mantap, Reksa Dana Emco Growth Fund, Reksa Dana Emco Pesona, Reksa Dana Syariah Emco Saham, Barokah Syariah setelah penyelesaian pembayaran hutang redemption kepada nasabah.

  Terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang juga Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk. Benny Tjokrosaputro menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (3/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

 

Ketiga, perintah tertulis untuk melakukan pembubaran/likuidasi reksa dana penyertaan terbatas Emco Properti Fund. 

Keempat, perintah tertulis menyelesaikan untuk penyesuaian POJK Nomor 2/POJK.04/2020 sesuai komitmen berupa pembubaran/likuidasi dalam konteks penyelesaian kepada nasabah reksa dana terproteksi EMCO XII serta bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul karena tindakannya sebagaimana dimaksud pada Pasal 27 UUPM dan Pasal 2 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 23/POJK.04/2016.

Baca juga: Gara-Gara Bentjok, OJK Denda Emco Asset Management Rp3,35 Miliar

Kelima, perintah tertulis untuk melakukan pemenuhan ketentuan mengenai komisaris independen.

“Bahwa dengan mempertimbangkan peran atau keterlibatan pihak-pihak atas terjadinya pelanggaran pada kasus tersebut dan dalam rangka memberikan efek jera bagi pelaku industri jasa keuangan, pada tanggal 21 Februari 2024 OJK menetapkan sanksi administratif dan/atau perintah tertulis,” tulis OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.