Emiten Batu Bara Berlomba Hijaukan Bumi

Sejumlah emiten produsen batu bara mencanangkan turut berkontribusi dalam menghijaukan bumi. Setidaknya, tiga emiten PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA), PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR), dan PT Indika Energy Tbk. (INDY) menyiapkan sejumlah rencana investasi dan diversifikasi usaha lebih hijau.

Rinaldi Azka

6 Jun 2023 - 20.06
A-
A+
Emiten Batu Bara Berlomba Hijaukan Bumi

Produsen batu bara berlomba memperbaikin portofolio bisnisnya agar lebih hijau./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Pandu Patria Sjahrir, Vice President Director PT TBS Energi Utama Tbk. menceritakan latar belakang korporasi itu berinvestasi di teknologi hijau, salah satunya sepeda motor listrik.

“Kami 90% [bisnis] dominasi batu bara pada 2022. Waktu pandemi Covid-19, kita kerja zoom terus. Kualitas udara karena adanya Covid, barangkali masih cukup jelek. Saya ada anak 5 tahun. Kenapa gali batu bara melulu, duitnya ke mana saja, dividen memulu. Terpikir bikin usaha,” katanya dalam ajang Jakarta Energy Forum yang berlangsung pada Rabu (31/5).

Pandu lantas bekerja sama dengan Andre Soelistyo, CEO Gojek untuk membuat motor listrik khusus driver transportasi online itu. Kendati awalnya sempat ragu, Pandu mengaku percaya diri melihat keberhasilan China yang  negaranya mampu tumbuh dengan ekosistem kendaraan listrik. Dia menargetkan, investasi emiten berkode TOBA ini ke depan mayoritas akan beralih ke non-batu bara.  

“Pertama JV [joint venture] Electrum biar bisa jualan motor listrik. Investasi hampir US$1 miliar selama 5—6  tahun. Bisnis renewable energy, bangun pembangkit listrik non-coal. Kami announce solar power ke Singapura, tapi kami bangun pabriknya. Terakhir urusan sampah, ingin bangun industri sampah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.