Emiten Batu Bara Tersengat Kemesraan China-Australia

Emiten-emiten di sektor batu bara menjadi pemberat IHSG sepanjang pekan pertama 2023 akibat sentimen dibukanya keran impor batu bara China dari Australia. Meski demikian, sektor ini dinilai masih memiliki peluang yang menjanjikan tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

8 Jan 2023 - 18.52
A-
A+
Emiten Batu Bara Tersengat Kemesraan China-Australia

Ilustrasi tambang batu bara. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kabar bakal kembali dibukanya keran impor batu bara China dari Australia menjadi sentimen negatif utama yang melemahkan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) di awal tahun ini, dengan sektor energi sebagai pemberat.  

Pada akhir pekan lalu, Jumat (6/1/2023), IHSG ditutup di level 6.684,56; turun 2,42 persen year-to-date (YtD). Pada saat yang sama, indeks IDX Sector Energy anjlok 7,01 persen dan menjadi indeks sektoral dengan kinerja terburuk.

Alhasil, sektor yang sepanjang 2021 lalu menjadi penopang utama IHSG, justru berbalik menjadi pemberat IHSG tahun ini. Meski begitu, kalangan analis dan emiten batu bara belum kehilangan optimisme dan menilai dampak pulihnya relasi China dan Australia terhadap kinerja sektor batu bara akan terbatas.

Pemerintah China telah mengizinkan tiga utilitas milik pemerintah dan produsen baja untuk melanjutkan impor batu bara dari Australia, pertama kalinya sejak adanya larangan impor batu bara secara tidak resmi dilaksanakan oleh Pemerintah Beijing sejak akhir 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.