Bisnis, JAKARTA — Momentum Pemilihan Umum 2024 yang bakal dimulai pada akhir tahun ini bakal menjadi kesempatan bagi emiten barang konsumsi untuk memacu penjualan. Seiring dengan itu, belanja iklan dan promosi pun diperkirakan meningkat.
Di antara emiten konsumer berkapitalisasi jumbo, PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) menjadi yang paling royal menggelontorkan dana untuk iklan dan promosi. Selama periode Januari—Juni 2023, beban iklan, riset pasar dan promosi UNVR menembus Rp2,21 triliun.
Meski lebih rendah 5,65 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, pengeluaran iklan dan promosi ini melampaui Indofood dan Mayora.
Sebagai perbandingan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) mencatat pengeluaran pada pos beban tersebut turun 4,67 persen year-on-year (YoY) dari Rp1,27 triliun menjadi Rp1,21 triliun.