Emiten Konsumer Berlomba Pacu Belanja Iklan

Emiten fast moving consumer goods (FMCG) tetap jor-joran mengalokasikan belanja iklan dan promosi pada paruh pertama 2023. Langkah ini diperkirakan berlanjut di tengah penurunan harga komoditas dan datangnya momentum masa kampanye menjelang Pemilihan Umum 2024.

Iim Fathimah Timorria & Emanuel Berkah Caesario

1 Sep 2023 - 19.29
A-
A+
Emiten Konsumer Berlomba Pacu Belanja Iklan

Ilustrasi belanja produk konsumsi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Momentum Pemilihan Umum 2024 yang bakal dimulai pada akhir tahun ini bakal menjadi kesempatan bagi emiten barang konsumsi untuk memacu penjualan. Seiring dengan itu, belanja iklan dan promosi pun diperkirakan meningkat.

Di antara emiten konsumer berkapitalisasi jumbo, PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) menjadi yang paling royal menggelontorkan dana untuk iklan dan promosi. Selama periode Januari—Juni 2023, beban iklan, riset pasar dan promosi UNVR menembus Rp2,21 triliun.

Meski lebih rendah 5,65 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, pengeluaran iklan dan promosi ini melampaui Indofood dan Mayora. 

Sebagai perbandingan,  PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) mencatat pengeluaran pada pos beban tersebut turun 4,67 persen year-on-year (YoY) dari Rp1,27 triliun menjadi Rp1,21 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.