Emiten Tambang Pemompa Indeks LQ45

Hingga semester I/2022, saham konstituen dari sektor pertambangan menjadi penopang kenaikan indeks LQ45. Mereka di antaranya adalah ITMG,PTBA, ADRO, dan MEDC. Sementara itu, AMRT menjadi saham top gainers sepanjang semester pertama tahun ini.

Asteria Desi Kartikasari
Jul 3, 2022 - 2:04 PM
A-
A+
Emiten Tambang Pemompa Indeks LQ45

Pegawai melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/1/2021). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA—  Kinerja indeks LQ45 dibayangi oleh tekanan dari arus keluar modal asing. Kondisi tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya ketidakpastian global akibat kenaikan tingkat suku bunga acuan global dan lonjakan inflasi. Pasalnya, indeks LQ45 termasuk saham yang menjadi koleksi investor.

Adapun sinyal tekanan tersebut tercermin pada kinerja sepanjang Juni 2022. Indeks tersebut merosot 6,13 persen saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 3,5 persen. Kendati demikian, sepanjang tahun berjalan 2022, indeks LQ45 masih outperform dengan kenaikan 4,61 persen. 

Hingga semester I/2022, saham konstituen dari sektor pertambangan menjadi penopang kenaikan indeks. Mereka di antaranya adalah ITMG,PTBA, ADRO, dan MEDC. Sementara itu, AMRT menjadi saham top gainers sepanjang semester pertama tahun ini. 

Sementara , pada paruh tahun ini, sentimen capital outflow masih akan membayangi beriringan dengan kinerja emiten yang akan dirilis pada Juli 2022.  Meski begitu, beberapa analis memproyeksikan indeks LQ45 masih berpotensi menguat. Faktor pendorong dari penguatan tersebut salah satunya didukung oleh saham sektor pertambangan.

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Emiten Tambang Pemompa Indeks LQ45

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ