Emiten Unggas Tersedak Harga Pakan Ternak

Emiten unggas (poultry) seperti CPIN, JPFA, dan MAIN masing-masing tengah menyiapkan strategi andalan dalam menghadapi gejolak harga pakan ternak, guna mengakselerasi kinerja fundamental.

Rizqi Rajendra & Emanuel Berkah Caesario

13 Sep 2023 - 14.40
A-
A+
Emiten Unggas Tersedak Harga Pakan Ternak

Ilustrasi ayam. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Gejolak harga pakan ternak menjadi tantangan utama emiten unggas tahun ini yang menggerus laba mereka dengan cukup dalam. Masing-masing emiten pun telah merancang strategi untuk menghadapi tantangan tersebut.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA), dan PT Malindo Feedmill Tbk. (MAIN) masing-masing beroperasi sebagai perusahaan unggas terintegrasi yang mencakup segmen hulu seperti pakan dan day old chicken (DOC), segmen tengah yakni ayam pedaging, dan segmen hilir yaitu produk olahan ayam.

Ketiga emiten ini mengalami tekanan keuangan yang seragam tahun ini, imbas kenaikan bahan baku pakan ternak. Di sisi lain, tidak mudah untuk mengerek harga jual produk dengan sama tingginya seperti kenaikan harga bahan baku. Hal ini menjadikan emiten-emiten ini mengalami pelemahan margin keuntungan.

Direktur Malindo Feedmill, Rewin Hanrahan, berharap fluktuasi harga bahan baku pakan ternak seperti jagung pipil kering dan bungkil kedelai tidak berdampak signifikan terhadap kinerja perseroan, seiring dengan harapan panen jagung bisa lebih membaik dalam beberapa bulan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.