Emiten yang Paling Untung & Buntung Akibat Arah RAPBN 2023

Sejumlah emiten berbasis komoditas yang fokus penghiliran hingga properti berpotensi paling diuntungkan dengan struktur belanja pemerintah yang tertuang dalam Rancangan Anggaran dan Belanja Negara (RAPB) 2023. Di sisi lain, sektor kesehatan berisiko bakal memetik keuntungan paling kecil.

Asteria Desi Kartikasari
Aug 18, 2022 - 2:25 PM
A-
A+
Emiten yang Paling Untung & Buntung Akibat Arah RAPBN 2023

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Sejumlah emiten berbasis komoditas yang fokus penghiliran hingga properti berpotensi paling diuntungkan dengan struktur belanja pemerintah yang tertuang dalam Rancangan Anggaran dan Belanja Negara (RAPB) 2023. Di sisi lain, sektor kesehatan berisiko bakal memetik keuntungan paling kecil.

Dalam Pidato Nota Keuangan di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Selasa (16/8/2022), Presiden Joko Widodo mengatakan ekonomi Indonesia akan bertransformasi dari produsen barang mentah ke produk bernilai tambah. Jokowi juga mengumumkan berkurangnya alokasi anggaran untuk sektor kesehatan dan perlindungan sosial.

Arah RAPBN 2023 ini mendapat respons positif dari para investor. Pada penutupan perdagangan Kamis (18/8/2022), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,74 persen ke posisi 7.186,56 dan terapresiasi 9,21 persen secara year to date. IHSG menjadi indeks saham dengan performa terbaik di kawasan Asia dan berpotensi melanjutkan penguatan dengan arah kebijakan ini.

Penguatan IHSG hari ini ditopang oleh sektor energi yang naik 1,21 persen, kemudian disusul sektor industri 1,15 persen, dan konsumer non-cyclical menguat 0,96 persen.“Fokus Indonesia pada disiplin fiskal yang lebih besar akan disambut positif oleh pasar modal,” kata Analis Tellimer Ltd. Nirgunan Tiruchelvam dikutip dari Bloomberg, Kamis (18/8/2022).

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Emiten yang Paling Untung & Buntung Akibat Arah RAPBN 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ