Empat Perbedaan Honda BR-V Baru dengan Generasi Lama

Honda BR-V generasi terbaru, yang mulai diproduksi pada Desember 2021, membawa pembaruan dari segi performa, tampilan eksterior, dan interior. 

Fatkhul Maskur
Dec 2, 2021 - 2:56 PM
A-
A+
Empat Perbedaan Honda BR-V Baru dengan Generasi Lama

Honda BR-V generasi baru, dan generasi sebelumnya. - Foto HPM

Bisnis, JAKARTA - Honda BR-V generasi terbaru yang mulai memasuki lini produksi  pada Desember 2021 ini membawa pembaruan dari segi performa, eksterior dan interior. 

Honda meluncurkan mobil terbarunya yaitu All New Honda BR-V secara virtual pada Selasa (21/9/2021). “Target penjualan 2022 sebanyak 40.000 unit,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

BR-V pertama kali diluncurkan pada 2015, dan mencatatkan penjualan ritel 76.846 unit di Indonesia, adapun secara global BR-V mencatatkan penjualan 255.000 unit.

BR-V generasi terbaru mulai diproduksi di pabrik Indonesia pada Desember 2021 dan dikirim ke konsumen pada Januari 2022. Secara keseluruhan, BR-V generasi terbaru hadir dengan kabin dan bagasi terluas di kelasnya, serta memiliki performa tertinggi.

Seperti dikutip dari pernyataan Honda, Rabu (1/12/2021), apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, BR-V terbaru juga memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja? 

Pertama, Kedap Kabin.

Dibandingkan dengan generasi pertamanya, All New Honda BR-V memiliki kualitas NVC (Noise, Vibration and Harshness) yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini didukung oleh pengaplikasian semprotan busa dan strukter panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk mengurangi kebisingan, serta mencegah debu dan bau tidak sedap yang masuk dari luar. 

Selain itu, peredam dioptimalkan di beberapa area termasuk sistem insulasi suara, spatbor bagian dalam belakang, penutup bawah dan kap mesin.

Secara keseluruhan, All New Honda BR-V mengalami peningkatan kekedapan kabin lebih dari 60% dibandingkan model sebelumnya.

Kedua, Stabilitas Berkendara.

Selain itu, dari segi suspensi, All New Honda BR-V juga menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih stabil dari sebelumnya. Kini, All New Honda BR-V memiliki wheelbase yang lebih panjang 40 mm dari generasi sebelumnya, sehingga menghasilkan kestabilan lebih saat dibawa bermanuver. 

Begitu pun pada suspensi yang menggunakan MacPherson Strut bagian depan telah disetel ulang sehingga menjadi lebih rigid, sedangkan di bagian belakang terdapat penyesuaian geometri suspensi untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik. 

Ketiga, Performa Tinggi.

Mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC, All New Honda BR-V mampu menghasilkan tenaga hingga 121 PS alias sedikit lebih tinggi dari pendahulunya yang memiliki tenaga maksimal 120 PS. Torsi juga meningkat 5% dan torsi maksimum dapat dicapai lebih cepat sejak RPM rendah, sehingga lebih bertenaga saat berakselerasi.

Namun, konsumsi bahan bakarnya justru lebih irit 3 persen dan efisiensi transmisi meningkat 4% dari model sebelumnya, sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus.

Keempat, Kabin Luas

Dari segi dimensi, All New Honda BR-V lebih panjang 35 mm dan lebih lebar 45 mm sehingga menghasilkan kabin dan bagasi terluas dikelasnya. Selain itu, dibandingkan pendahulunya, All New Honda BR-V memiliki ground clearance yang lebih tinggi 19 mm sehingga lebih fleksibel untuk dikendarai di berbagai medan jalan.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, All New Honda BR-V hadir dalam 5 varian dengan harga mulai dari Rp 275,9 juta. Untuk informasi lebih detail mengenai All New Honda BR-V

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar