Empuknya Kue Ekonomi Digital Indonesia bagi Industri Keuangan

Industri jasa keuangan bakal menikmati keuntungan yang besar dari peningkatan nilai ekonomi digital Indonesia sepanjang dekade ini hingga akhir 2030 mendatang. Untuk itu, langkah gesit pun harus diambil jika ingin memenangkan persaingan perebutan kue empuk tersebut.

Emanuel Berkah Caesario

8 Agt 2022 - 20.59
A-
A+
Empuknya Kue Ekonomi Digital Indonesia bagi Industri Keuangan

Ekonomi digital. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kue ekonomi digital di Indonesia berpotensi tumbuh hingga 8 kali lipat pada 2030 mendatang dibanding 2020 menjadi Rp4.531 triliun. Peningkatan ini bakal membuka potensi besar bagi bisnis seputar transaksi digital yang dilakukan oleh pelaku industri jasa keuangan nasional.

Potensi pertumbuhan ekonomi digital tersebut bakal turut diikuti oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan akan meningkat 1,5 kali dari tahun 2020 menjadi Rp24.000 triliun pada 2030 mendatang.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, belum lama ini mengatakan bahwa pengguna internet di Indonesia telah mencapai 204,7 juta jiwa. Jumlah itu merupakan 73,7 persen dari total populasi per Januari 2022.

Berdasarkan data transaksi uang elektronik, Purbaya mengungkapkan selama 2021, terjadi transaksi uang elektronik (UE) di Indonesia sebanyak 5,4 miliar kali dengan nilai transaksi mencapai Rp239 triliun. Tren tersebut masih terjadi hingga pertengahan 2022, baik secara volume maupun nilai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Empuknya Kue Ekonomi Digital Indonesia bagi Industri Keuangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.