Energi Mega Persada dan Husky Menangi Lelang Blok Migas

Ada empat wilayah kerja atau WK minyak dan gas bumi (migas) yang ditawarkan dalam lelang penawaran langsung, yakni South CPP, Sumbagsel, Rangkas, dan Liman.

Muhammad Ridwan

3 Sep 2021 - 18.11
A-
A+
Energi Mega Persada dan Husky Menangi Lelang Blok Migas

Blok migas/Ilustrasi

Bisnis, JAKARTA — PT Energi Mega Persada Tbk. dan Husky Energy International Corporation ditetapkan sebagai dua pemenang lelang penawaran langsung wilayah kerja atau blok minyak dan gas bumi tahap pertama 2021.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji memaparkan bahwa ada empat wilayah kerja atau WK minyak dan gas bumi (migas) yang ditawarkan dalam lelang penawaran langsung, yakni South CPP, Sumbagsel, Rangkas, dan Liman.

Berdasarkan hasil penilaian atas dokumen partisipasi dari peserta lelang, pemerintah telah menetapkan dua pemenang untuk keempat WK itu melalui Keputusan Menteri ESDM.

PT Energi Mega Persada Tbk. ditetapkan sebagai pemenang lelang WK South CPP dengan komitmen pasti 3 tahun pertama, yakni studi geophysical and geotechnical (G & G), seismik 2D 500 kilometer persegi, seismik 3D 50 kilometer persegi, dan satu Sumur Eksplorasi.

Nilai komitmen pasti untuk mengelola South CPP selama 3 tahun pertama mencapai US$13,6 juta, dengan bonus tanda tangan senilai US$500.000.

Perusahaan kedua yang memenangi lelang adalah Husky Energy International Corporation untuk WK Liman dengan komitmen pasti 3 tahun pertama, yaitu Studi G & G, dan seismik 2D 400 kilometer persegi dengan total komitmen pasti senilai US$6,7 juta, serta bonus tanda tangan US$200.000.

“Jumlah total investasi komitmen pasti dari kedua WK tersebut adalah sebesar US$20,3 juta dan bonus tanda tangan US$700.000,” ujarnya dalam acara penutupan IPA Convex 2021, Jumat (3/9/2021).

Tutuka menambahkan bahwa untuk dua WK yang tidak ada pemenangnya adalah Sumbagsel dan Rangkas akan berstatus menjadi WK tersedia.

WK tersebut dapat dievaluasi untuk ditawarkan kembali pada kesempatan lelang berikutnya, maupun terbuka untuk diusulkan sebagai wilayah studi bersama.

Tutuka menjelaskan bahwa saat ini juga masih berjalan lelang reguler WK Migas Tahap I 2021 yang terdiri atas dua WK, yaitu Merangin III dan North Kangean.

Jadwal akses dokumen lelang masih dibuka sampai dengan 12 Oktober 2021, sedangkan pemasukan dokumen partisipasi pada 12–14 Oktober 2021.

“Saya berharap hasil lelang ini menjadi sinyal positif untuk investasi migas di tengah kondisi yang masih menantang,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.