Entitas Eropa Mulai Pertimbangkan Angkat Kaki dari China

Pebisnis asal Eropa mulai menyusun skenario terburuk, termasuk opsi mencabut investasinya di China. Hal itu sejalan dengan prospek ekonomi yang kelam dan ketegangan politik dengan Taiwan yang makin merenggangkan hubungan keduanya.

Nindya Aldila

21 Sep 2022 - 19.36
A-
A+
Entitas Eropa Mulai Pertimbangkan Angkat Kaki dari China

Produksi kendaraan di pabrik FAW-Volkswagen Foshan (Volkswagen China)

Bisnis, JAKARTA - Entitas bisnis asal Eropa tengah bersiap dengan opsi angkat kaki dari China seiring dengan prospek ekonomi yang belum menemukan titik terang. Ketegangan geopolitik juga menambah kerenggangan antara blok itu dengan Beijing.  

Kebijakan Zero Covid yang mengunci sebagian wilayah, termasuk pusat-pusat bisnis, anjloknya sektor properti, menurunnya aktivitas manufaktur menjadi sinyal kelamnya perekonomian ekonomi terbesar kedua dunia ini.

Hal itu membuat para pebisnis Eropa mengubah pandangannya 180 derajat. Dalam makalah tahunan yang dirilis Kamar Dagang Uni Eropa di China pada Rabu (21/9/2022), pelaku bisnis Eropa mulai khawatir dengan hubungan dengan China makin menjauh.

Hal itu meningkatkan tantangan pada perusahaan dengan bendera Eropa untuk mengurangi dan mengisolasi operasinya di China, seperti dilaporkan South China Morning Post.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.