Episode Baru Bea Keluar Ekspor Konsentrat untuk Freeport

Melalui PMK Nomor 38 Tahun 2024 Tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar yang ditetapkan pada 31 Mei 2024 dan diundangkan pada 3 Juni 2024, pemerintah menetapkan tarif bea keluar beragam, yakni 5%, 7,5%, dan 10% khusus untuk mineral logam.

Tim Redaksi

5 Jun 2024 - 18.24
A-
A+
Episode Baru Bea Keluar Ekspor Konsentrat untuk Freeport

Area penambangan PT Freeport Indonesia (PTFI). Istimewa-PTFI

Bisnis, JAKARTA — Relaksasi ekspor konsentrat mineral logam tertentu yang diberikan pemerintah hingga Desember 2024 masih menyisakan persoalan bea keluar yang dinilai memberatkan pelaku usaha, terutama bagi PT Freeport Indonesia.

Sama seperti proses sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani langsung menerbitkan aturan baru terkait besaran tarif bea keluar atas barang ekspor produk hasil pengolahan mineral logam, setelah pemerintah memberikan perpanjangan relaksasi izin ekspor komoditas mineral logam tertentu hingga 6 bulan ke depan.

Melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2024 Tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar yang ditetapkan pada 31 Mei 2024 dan diundangkan pada 3 Juni 2024, pemerintah menetapkan tarif bea keluar beragam, yakni 5%, 7,5%, dan 10% khusus untuk mineral logam.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa kementeriannya telah mengeluarkan surat rekomendasi perpanjangan izin ekspor Freeport. Namun, pemberian persetujuan ekspor itu masih menunggu kelengkapan administrasi dari Freeport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.